oleh

Sambangi Prajurit Merauke, KASAL Ikut Percepat Penanggulangan COVID di Batas Negeri

MERAUKE, – Dalam kunjungan kerja (kunker) menyambangi para prajurit TNI AL di Merauke, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, ikut mempercepat penanggulangan COVID 19 di batas negeri.

Hal itu dilakukan sejalan dengan program peduli TNI AL mendukung pemerintah dalam percepatan menanggulangi wabah COVID 19.

“Kedatangan saya untuk menengok prajurit dan mendukung program Pemerintah mengantisipasi dan melaksanakan Prokes COVID-19,” tutur orang nomor satu dijajaran TNI AL ini didampingi Ketum Jalasenastri, Vero Yudo Margono, Danlantamal XI Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, M.Han dan Ketua Korcab XI Daerah Jalasenastri Armada (DJA) III.

Tak mau menyia-nyiakan waktu dalam kunker tanggal 16-17 Juni 2021, KASAL langsung meninjau sarana dan prasarana Rumah Sakit TNI AL Lantamal, alur penanganan COVID-19 dan alat kesehatan terbaru bantuan dari mabesal berupa CT scan 128 slice.

Selain itu, KASAL menyerahkan sumbangan 2.000 kit swab antigen biosensor. Disambut hangat Karumkit Lantamal XI, dr. Mayor Laut (K) dr. D. Nursito. Kasal beserta rombongan juga sempat mampir mengunjungi Perumahan TNI AL Polder dan Satuan Patroli (Satrol) Lantamal XI.

Komandan Lantamal XI Merauke, Brigjen TNI (Mar) Wurjanto melalui Pjs Kadispen Lantamal XI, Mayor Laut R.G.Warokka kepada Sorongnews.com mengatakan, setibanya KASAL di Mako Lantamal XI langsung bertemu dengan seluruh prajurit dan PNS untuk memberikan motivasi. Bahkan, memberikan tali asih kepada tujuh prajurit dan PNS Lantamal XI atas dedikasinya yang telah berdinas lebih dari 20 tahun di Merauke. Berbentuk tabungan sebagai wujud kepedulian dan penghormatan atas pengabdian para prajuritnya.

“Prajurit yang ditugaskan di wilayah perbatasan adalah prajurit-prajurit yang tangguh dan profesional dan hal ini merupakan suatu kehormatan yang diberikan negara kepada prajurit-prajurit terbaik dan terpilih untuk menjaga kedaulatan bangsa dan negara. Para prajurit Lantamal XI Merauke yang bertugas menjaga wilayah perbatasan RI-PNG mendapat amanah khusus tugas ini,” tegas KASAL saat memotivasi prajurit.

Dia menyadari bahwa masih banyak kekurangan sarana prasarana dan keterbatasan baik jumlah maupun kondisi teknis Alutsista untuk mendukung tugas dan tanggung jawab yang diemban prajurit. Namun pihaknya berharap hal itu tidak melunturkan semangat para prajurit untuk tetap melaksanakan tugas dalam menjaga wilayah perbatasan negara diujung timur Indonesia.

Selanjutnya, KASAL melaksanakan tabur benih ikan, menanam pohon di halaman Mako serta melihat secara langsung kegiatan pemberdayaan potensi masyarakat pesisir oleh Lantamal XI Merauke di pantai Lampu Satu, Merauke melalui pembentukan Kampung Bahari Nusantara (KBN) serta memberikan bantuan bahan kontak kepada 70 warga.

Adapun rombongan KASAL yang hadir, Asrena Kasal Laksda TNI Muhammad Ali, Aslog Kasal Laksda TNI Puguh Santoso, Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Pangkoarmada III Laksda TNI Dadi Hartanto. Kedatangan mereka di Bandara Mopah, disambut pengalungan bunga oleh Bupati Merauke Drs. Romanus Mbaraka, MT, pemasangan topi adat Cendrawasih oleh Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Ignasius MB. Ndiken. (Hida)

Komentar