Inilah Sosok Komandan Upacara HUT ke-78 RI di Papua Selatan dari TNI AL

MERAUKE, PAPUA SELATAN – Letkol Marinir I Wayan Agus Paryana dipercayakan menjadi komandan upacara HUT ke-78 Republik Indonesia (RI) 17 Agustus 2023 di Provinsi Papua Selatan.

Sosoknya yang tegas, terpilih sebagai komandan upacara detik-detik proklamasi kemerdekan RI pertama di Provinsi Papua Selatan.

Letkol I Wayan Agus Paryana merupakan anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) yang bertugas di Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XI Merauke.

Ia menjabat Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Lantamal XI Merauke.

Komandan Upacara HUT ke-78 RI di Provinsi Papua Selatan, Letkol Marinir I Wayan Agus Paryana saat ditemui Sorongnews.com mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih atas kepercayaan dari Panitia HUT ke-78 RI Provinsi Papua Selatan yang dipimpin Danlantamal XI Merauke, Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono selaku ketua panitia bersama Wakil Ketua I Panitia HUT ke-78 RI Papua Selatan, Agustinus Joko Guritno.

“Kebanggaan tersendiri bagi saya karena dipercaya sebagai komandan upacara HUT RI pertama di Provinsi Papua Selatan. Momentum awal yang baik. Mudah-mudahan, Papua Selatan semakin berkembang dan maju sehingga bisa bersaing dengan daerah lain,” ucapnya usai upacara detik-detik proklamasi di Stadion Katal Pal Merauke, Kamis (17/8/23).

Pria kelahiran Gianyar, 14 Agustus 1982 ini mengaku sudah sering didapuk sebagai komandan upacara saat bertugas disejumlah daerah, namun kali ini menjadi lebih spesial.

Baru berdinas selama 9 bulan di Kabupaten Merauke, mendapat kesempatan emas memimpin upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia yang merupakan momentum penting bagi bangsa Indonesia.

Letkol Marinir I Wayan Agus Paryana pun berbagi jurus jitu untuk menghilangkan gerogi dan tetap percaya diri saat menjadi komandan upacara yang disaksikan ribuan orang.

“Gerogi bisa kita atasi dengan latihan setiap hari dan gladi-gladi. Selain itu, percaya diri. Yakin kita mampu,” tegasnya.

“Kita juga harus siapkn fisik prima dan mental yang kuat. Percaya diri, kita kita pasti bisa,” sambung lulusan Akademi AL 2005 leting 51 yang hobi berolahraga.

Sebelum ke Bumi Anim Ha, Letkol Marinir I Wayan berdinas di Pangkalan Marinir (Lanmar) Jakarta dan Surabaya.

Ia mengawali karir di Surabaya sesuai penempatan dinas usai lulus Akademi AL. Dengan menjajaki pangkat Letda, Lettu, Kapten dan Mayor.

Kemudian, 2018 pihaknya pindah tugas ke Markas Pos Marinir Jakarta. Selanjutnya, Letkol Marinir I Wayan kembali berdinas ke Lanmar Surabaya.

“Setelah itu, saya mengikuti pendidikan sekolah staf dan komando angkatan laut pada 2022. Selesai pendidikan Seskoal, saya mendapat kepercayaan menjadi Dandenma Lantamal XI,” tandasnya. (Hidayatillah)

____

Komentar