oleh

Pemkot Sorong Bangun 28 Unit Rumah Tipe 45 Bagi Warga Moi

SORONG, – Kasih sayang Wali Kota Sorong dan jajaran pemerintah Sorong terhadap warga asli Malamoi, bukan main-main. Selain memberikan beasiswa pendidikan bagi putra-putri Moi, membangunkan asrama khusus pelajar Moi, Ia kini mempersembahkan 28 unit rumah tipe 45 bagi warga Moi di Kampung Klatifi, Kota Sorong, Papua Barat

Wali Kota Sorong, Lambertus Jitmau meresmikan dan menyerahkan 28 unit rumah kepada warga setempat, Jumat (18/6/21) disaksikan ketua adat Malamoi dan ketua GKI Sorong di Kampung Klatifi, kelurahan Rufei Kota Sorong.

Dalam sambutannya, Lambertus mengatakan bahwa Orang Moi sangat baik, memberikan tanah adat mereka kepada pendatang suku lain yang mendiami tanah Malamoi. Kebaikan orang Moi ini yang kemudian membuat orang asli Moi tergeser dan semakin kecil komunitasnya di tanah sendiri.

“Orang Moi sangat baik, tapi jangan terlalu baik, hingga ditelantarkan di tanah sendiri. Tanah semakin sedikit, generasi dan penduduk semakin bertambah. Saya harap Kampung Klatifi ini menjadi pusat peradaban orang Moi di Kota Sorong. Saya perintahkan kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PKP) untuk tambah lagi 32 unit rumah Type 45 seperti ini. Kadis PU, hotmix jalan ini sampai ke atas. Kadis pariwisata, buka potensi wisata disini. Kadis Pendidikan bangun SD satu disini untuk 4 sampai 5 ruang kelas dulu. Saya juga habis ini akan telepon Kepala PLN supaya segera kasih masuk listrik disini,” sambut Lambert diikuti tepukan meriah warga Moi dan undangan.

Sementara itu Kepala Dinas PKP Kota Sorong, Andrias Adii dalam laporannya mengatakan bahwa pembangunan rumah layak huni Tipe 45 bagi warga asli suku Moi merupakan program kerja dinas PKP selama 180 hari kalender, dengan sumber anggaran dari APBD Kota Sorong dan kontraktor Tops Papua Jaya. Dimana dibangun sebanyak 28 rumah yang akan dihuni 28 Kepala Keluarga. (Oke)

Komentar