TPS Unik Konsep Hasil Bumi hingga Valentine, Ketua KPPS : Kebetulan Besok Saya Berulang Tahun

KABUPATEN SORONG, PBD – Tempat Pemungutan Suara (TPS) menjadi salah satu tempat yang akan banyak dikunjungi pada Rabu (14/2/24) besok.

Bahkan terdapat banyak cara untuk memikat warga dalam menggunakan hak suaranya dan berbondong-bondong mendatangi TPS. Terdapat satu TPS unik dan menarik di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, mengusung konsep memukau.

___

TPS itu menyajikan beberapa hasil bumi dipadukan dengan segudang bunga hias cantik, puluhan balon warna-warni, hingga pernak-pernik menarik lainnya.

TPS yang dimaksud yakni TPS 02 berlokasi di Kelurahan Klamasen, Distrik Mariat, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 02 Kelurahan Klamasen Distrik Mariat, Elizabeth Bakar Bessy saat ditemui Sorongnews.com menyampaikan, konsep yang disajikan pihaknya bertujuan memberikan suasana berbeda dan menunjukkan hal terbaik bahwa masyarakat akan menyambut pemimpin baru untuk Indonesia.

“Ini kan pesta demokrasi, namanya kalau kita mau buat pesta, pasti ada dekorasi. Jadi kami ingin memberikan suasana berbeda dan menunjukkan hal terbaik bahwa kita akan menyambut pemimpin baru untuk Indonesia,” ujar Ketua KPPS TPS 02 Kelurahan Klamasen Distrik Mariat, Elizabeth Bakar Bessy saat ditemui Sorongnews.com, Selasa (13/2/24).

Lebih lanjut, dibeberkannya bahwa, konsep yang disajikan spesial untuk kehadiran Provinsi termuda di Indonesia ini. Apalagi menurutnya, Provinsi Papua Barat Daya merupakan wilayah baru dalam hal penyelenggaraan pesta demokrasi usai pemekaran.

“Pasti kita melakukan sesuatu yang terbaik untuk tahun ini, karena terlebih bagi Provinsi Papua Barat Daya. Kita memilih khusus buat Provinsi baru Papua Barat Daya, ini kan baru pemekaran, jadi kami merasa sangat bersuka cita, kami berusaha ditahun ini memberikan yang terbaik,” bebernya.
Dijelaskannya bahwa, dalam menyusun suasana unik dan menarik di TPS itu, pihaknya menghiasi dengan hiasan warna-warni, ini dinilainya berkat kerjasama solid seluruh anggota KPPS.

“Kami menampilkan sesuatu pesta yang penuh dengan warna-warni, ini berkat kerjasama teman-teman KPPS, kami sepakat untuk membuat desain dan konsepnya seperti ini, apalagi besok hari valentine,” jelasnya.

Dipaparkannya bahwa, hasil dekorasi yang disajikan pihaknya merupakan kreatifitas bersama seluruh anggota KPPS dibantu sejumlah masyarakat setempat. Disebutkannya, hasil kreatifitas yang dihasilkan bersumber dari anggaran alokasi KPU Kabupaten Sorong serta dibantu dana swadaya anggota KPPS dan sejumlah masyarakat.

Diungkapkannya, momen pesta demokrasi esok hari bertepatan pula dengan momen spesial bagi dirinya, dikarenakan bertepatan hari ulang tahunnya.

“Ini kreatifitas kami, walau dengan dana yang terbatas, tetapi kami berusaha menggunakan fasilitas yang ada untuk membuat tampilan seperti ini. Kebetulan besok saya berulang tahun, pasti ditanggal 14 selain merayakan hari jadi saya, juga merayakan kemenangan untuk pemimpin bangsa Indonesia yang baru, ini alasan kami membuat sekreatif ini,” ungkapnya.

“Kami banyak warna-warni karena partai ini berwarna-warni, beragam, semua warna ada. Kami mengusung konsep balon dengan tempelan lambang parpol, dengan tujuan setiap orang yang melihat akan merasakan walaupun kita berbeda-beda pilihan, namun dengan tujuan sama, kita menentukan pilihan yang terbaik untuk negara ini,” lanjutnya.

Disampaikannya, direncanakan pada hari pencoblosan besok, pihaknya akan mengenakan pakaian etnik Papua, sehingga diharapkan masyarakat tidak merasa bosan, apalagi besok TPS akan dibanjiri pemilih.

“Kami mengusung konsep lokal juga, ada hasil bumi, pemilih dapat menikmati itu, ada pisang, pinang dan hasil bumi lainnya, yang menjadi ciri disini yakni ada ciri khas masyarakat Papua. Kami akan menggunakan mahkota besok, menggunakan pakaian etnik Papua untuk melayani masyarakat, sehingga mereka tidak bosan, walaupun antrian yang banyak, antrian luar biasa, DPT kami berjumlah 275 pemilih,” ujarnya.

“Bayangkan kalau mereka antri dan menunggu dalam suasana tidak menyenangkan, jadi kami usung konsep seperti yang biasa dilihat,” tambahnya.

Hingga berita ini diterbitkan, wartawan Sorongnews.com masih melakukan pemantauan terkait TPS unik dan menarik lainnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, di Kabupaten Sorong tercatat memiliki 520 TPS dari 30 Distrik se-Kabupaten Sorong.

Untuk lebih lengkapnya, dapat menyaksikan unik dan menariknya TPS 02 Kelurahan Klamasen, Distrik Mariat, dengan menyaksikan siaran ulang di Instagram Sorongnews.com dengan link berikut ini :

https://www.instagram.com/tv/C3Rvtxxvo_T/?igsh=NTc4MTIwNjQ2YQ==


(Jharu)

___ __ ___ ___

Komentar