Persiapan Mudik Lebaran KSOP Sorong Buka Posko Angkutan Laut di Pelabuhan Sorong

SORONG, PBD- Guna memastikan arus mudik lebaran berjalan lancar, Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Sorong membuka posko angkutan laut di Pelabuhan Sorong, Senin (25/03/24).

Posko dibuka Pj Gubernur PBD Mohammad Musa’ad, diwakili oleh Staf ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan (Ekubang) George Yarangga dengan didampingi jajaran Dinas Perhubungan, SAR, KSOP berserta Forkopimda.

___

Dalam penyampaiannya George mengatakan, pemerintah siap memberikan dukungan dalam bentuk pelayanan melalui kelancaran penggunaan transportasi laut agar para penumpang merasa aman dan nyaman.

“Pentingnya menjaga keamanan dan kesempurnaan sebab angkutan laut merupakan pilihan transportasi yang banyak diminati masyarakat,” ujar Staf ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan (Ekubang) George Yarangga.

Lanjutnya, masyarakat harus mengetahui apa-apa saja yang perlu dipersiapkan oleh mereka sebelum menempuh perjalan laut terutama diera moderen sekarang ini yang peroleh tiket harus secara online.

“Paling utama yaitu memiliki tiket dimana pembelian tersebut dilakukan secara online mungkin mereka sudah membelinya dijauh hari sehingga terhindar dari penumpukan penumpang,” tegasnya.

Dirinya berharap, semua kesiapan menuju arus mudik pergi maupun datang dapat dipersiapkan secara baik oleh pemberi jasa yakni Perhub Laut dengan dibantu oleh Petugas Posko.

Sementara itu, Plt. Kepala Kantor KSOP Sorong, Ronald, menuturkan kalau posko angkutan laut mudik lebaran akan dibuka mulai tanggal 26 Maret 2024 sampai dengan 25 April 2024.

Jelasnya, selain kapal Pelni akan ada beberapa kapal perintis yang akan disiapkan guna membantu kelancaran arus mudik yang akan dioperasikan oleh operator swasta dan pihak Pelni.

“Kabara gembira juga bagi sekalian kita warga masyarakat Kota Sorong bahwa kementerian perhubungan telah bekerjasama dengan PT. Pelni untuk mengadakan mudik gratis dengan rute Sorong-Ambon ditanggal 30 Maret 2024 menggunakan KM. Dobonsolo berkapasitas 300 orang,” bebernya.

Ditambahkannya, ditahun 2024 semua penumpang dibebaskan dari persyaratan jadi siapa saja bisa memiliki kesempatan gratis tersebut hanya dengan datang ke Pelni Sorong untuk mendaftar.

“Akan tetapi terkait dengan mudik gratis ini kami akan membahas lagi dengan mereka yang di pusat untuk kepastian tersebut agar supaya lebih jelas,” tutupnya. (Mewa)

___ __ ___ ___

Komentar