Wakapolres Maybrat Pimpin Pemeriksaan Senpi Personil, Minimalisir Penyalahgunaan

MAYBRAT, PBD- Personil Sipropam Polres Maybrat bersama personil Baglog melakukan sidak terhadap senjata api (senpi) organik yang dipegang oleh personil Polres Maybrat. Pemeriksaan berlangsung usai apel pagi di halaman Mapolres, Senin (25/3/24).

Wakapolres AKP Zawal Halim didampingi oleh Kabaglog, Iptu Oktovianus sama Kasi Propam Ipda Irwan Rahangiar menjelaskan bahwa, pemeriksaan dilakukan bertujuan mengecek kondisi dan kelengkapan senjata secara berkala sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) pasca pelaksanaan pengamanan pemilu 2024 di Maybrat.

“Pemeriksaan kita lakukan menindaklanjuti arahan pimpinan, sehingga pagi Sie Propam dipimpin saya sebagai Wakapolres melakukan pemeriksaan senpi personil sekaligus senpi inventaris di Polsek Aifat. Jadi ada 8 pucuk senpi panjang, dan 14 pucuk senpi pendek diperiksa”, jelas Zawal Halim.

Adapun pemeriksaan yang dilakukan meliputi kondisi senpi, jumlah amunisi dan kepemilikan Surat Izin Memegang Senjata Api (SIMSA). Hal ini tujuan utamanya meminimalisir terjadinya penyalahgunaan senjata api dinas serta penginventarisiran secara berkala.

“Pemeriksaan juga menjadi salah satu bentuk kedisiplinan anggota terhadap penggunaan di dalam memelihara senjata api agar tetap terawat dan siap operasional ketika butuh untuk digunakan”, tutup Zawal. (Valdo)

___

Komentar