Pemkab Mulai Kerjakan Tahap Awal Peningkatan Jalan Yukase – Mare Sepanjang 30 Km

MAYBRAT, PBD- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maybrat, Papua Barat Daya mulai melaksanakan pekerjaan peningkatan jalan terhitung dari Yukase, Distrik Ayamaru Utara hingga ke Distrik Mare Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya.

Penjabat (Pj) Bupati Maybrat, Bernhard E. Rondonuwu menuturkan bahwa, pihaknya patut menaikkan puji dan syukur kepada Tuhan. Dimana, Pemkab sudah mulai dapat melaksanakan pekerjaan peningkatan jalan dari Yukase menuju ke arah Mare.

___

Menurut dia, jalan ini sudah lama rusak dan ditunggu-tunggu masyarakat Maybrat. Soalnya, infrastruktur jalan tersebut cukup membuat sengsara bagi masyarakat yang akan melintasi wilayah tersebut.

“Ini merupakan hasil kerja sama DPRD dan Pemkab melalui perangkat OPD. Dimana skala prioritas yaitu wilayah Mare, Aifat dan sebagian di wilayah Aitinyo,” jelas Bernhard Rondonuwu, Jumat (26/5/23).

Diharapkan, apa yang dilaksanakan Pemkab tersebut dapat mengurangi kesenjangan yang ada terutama infrastruktur jalan dan, jalan yang rusak-rusak di Maybrat bisa lebih baik lagi dan berdampak positif terhadap masyarakat setempat.

“Pekerjaan ini tahap pertama, nanti ada lagi tahap kedua guna mengurangi yang namanya keterisolasian. Sehingga masyarakat dapat menikmati jalan bagus dan pemerintah juga mudah melakukan pelayanan,” tuturnya.

Bernhard jelaskan, ruas jalan Yukase – Mare yang akan dikerjakan jaraknya kurang lebih 75 kilo meter. Olehnya, masyarakat harus aktif dan terlibat memberikan jaminan keamanan bagi para pekerja.

“Untuk daerah lain di Maybrat tetap bersabar karena pembangunan harus¬† bertahap. Pembangunan juga harus menyesuaikan dengan kondisi anggaran dan proses yang dilakukan pemerintah,” tambahnya.

Jarak peningkatan jalan yang dikerjakan saat ini adalah 30 kilo meter. Ada yang aspal dan karang semen dengan Sumber anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK), TA 2023 APBD Kabupaten Maybrat.

Ketua DPRD Kabupaten Maybrat, Ferdinando Solossa tambahkan pihaknya harus jemput program pemerintah. Kebijakan anggaran tentu mengikuti program skala prioritas yang ada.

Lanjutnya, pekerjaan ini pula merupakan kesinambungan dan menjadi skala prioritas ke tahap berikutnya. Oleh sebab itu, Ia mengingatkan masyarakat untuk dapat mendukung kebijakan pemerintah daerah.

“Titik awal kita mulai dari Mare, itu artinya ada keseriusan Pemkab buat masyarakat dan Mare adalah daerah yang membuka akses antar Maybrat dan Tambrauw. Dimana kondisi jalan Mare adalah salah satu jalan di Maybrat yang rusak berat,” tutupnya. (Valdo)

___ ___

Komentar