oleh

KPU Harap Pemkot Sorong Dukung Pesta Demokrasi 2024, Usul Anggaran Tembus 55 M

SORONG,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sorong didampingi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Sorong bersama Pemerintah Daerah Kota Sorong menggelar rapat membahas rancangan Pemilu 2024 mendatang.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam Ruang Anggrek Lantai II Pemkot Sorong ini, dipimpin oleh Plt Sekda Kota Sorong, Ruddy Laku didampingi oleh sejumlah OPD dilingkup Pemerintahan Daerah Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Selasa (17/1/23).

Ketua KPU Kota Sorong, Roberth Yumame menyampaikan bahwa dana pemilu 2024 yang telah dirancangkan yakni sebesar Rp. 55.752.005.422.

“Saat ini kami KPU bersama Bawaslu menepati undangan dari pemerintah kota untuk sampaikan rancang anggaran pemilu ditahun 2024 mendatang, dan usulan ini masih bersifat rancangan, tentu Tim Anggaran Pemerintah Daerah akan membahasnya kembali,” kata Ketua KPU Kota Sorong, Roberth Yumame usai melakukan rapat kepada sejumlah awak media, Selasa (17/1/23).

Robert membeberkan, bahwasanya rincian besar dari KPU untuk kebutuhan pemilu, ada pada pemungutan dan perhitungan surat suara, biaya adhoc, bimbingan teknis, serta bagian bantuan-bantuan hukum.

“Apabila dalam item-item ada yang tidak relevan, maka pasti akan dihilangkan, ya sebab itu tadi disampaikan kalau usulan ini masih rancangan,” pungkasnya.

Dikatakannya bahwa pada pemilu 2024 nanti, ada pemilihan Presiden, Legislatif, Anggota DPD RI hingga pemilihan kepala-kepala daerah, dan hal ini dinilainya sudah pasti seluruh elemen masyarakat akan berpartisipasi dalam pesta demokrasi tersebut.

Sambungnya, pemilu 2024 bertambah sebab disampaikan Roberth, ada 18 parpol yang ada di kota Sorong ikut kontestasi, sehingga besar harapan pemerintah memberikan dukungan penuh agar pesta demokrasi dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, Plt. Sekda Kota Sorong, Ruddy Laku saat menerima usulan anggaran pemilu itu menuturkan bahwa, pengajuan pendanaan oleh KPU dan Bawaslu harus mendapatkan review dari KPU RI.

Tidak hanya itu saja, Ruddy pun menambahkan hasil pertemuan kali ini akan segera dilanjutkan pada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). (Mewa/Jharu)

Komentar