oleh

DMI, Masih Ada Beberapa Masjid Yang Belum Tersentuh Hewan Kurban

SORONG,- Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kora Sorong membagikan hewan kurban kepada sejumlah masjid yang belum tersentuh bantuan hewan kurban di masjid Al-Akbar Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (20/7/21).

Ketua DMI Kota Sorong, Kisman Rahayaan mengatakan mereka sangat antusias agar masjid yang selama ini tidak tersentuh oleh Pemerintah daerah agar dapat menerima hewan kurban.

“Kenapa kami sangat antusias karena walaupun dibilang sedikit tapi kami benar-benar arahkan kepada masjid-masjid yang selama ini belum tersentuh sama sekali yang kami perhatikan antara lain masjid Al-Furqon yang belum pernah dapat bantuan dari Pemerintah daerah kali ini,”terangnya.

Ia menjelaskan daging kurban tersebut sesuai dengan peruntukannya adalah diberikan kepada fakir miskin sehingga sama kenyang seperti yang memberikan hewan tersebut.

“Hewan daging kurban ini sesuai dengan peruntukannya dalam agama Islam yaitu berbeda dengan puasa karena yang berpuasa diperintahkan untuk menahan lapar dan haus sehingga bisa merasakan penderitaan fakir miskin sementara hari raya kurban adalah kita memberikan makan kepada fakir miskin agar mereka merasa kenyang sama seperti orang yang memberikan,”ujarnya kepada awak media.

Lebih lanjut Kisman mengatakan jumlah keseluruhan hewan kurban di setiap masjid kira-kira mencapai 300 hingga 400 ekor hewan kurban, misalnya Wali Kota sendiri memberikan bantuan sebanyak 30 ekor, masjid Raodha 30 ekor, sedangkan masjid Quba dan Al-Akbar telah mencapai seratusan sementara jumlah Masjid yang berada di Kota Sorong hampir seratus lebih.

Ia manambahkan bahwa tanggung jawab berkurban bukan hanya dari pemerintah daerah namun siapa saja yang merasa berkecukupan dan dapat memberikan hewan kurban sehingga adanya rasa saling menyayangi kepada orang yang tidak mampu.

“Mudah-mudahan hewan kurban 30 ekor yang diberikan oleh Walikota dapat membuat fakir miskin merasa kenyang dengan asupan gizi daging kurban tersebut,”harap Kisman. (Fatrab)

Komentar