Banyak Diminati, Pendaftaran Universitas Terbuka Diperpanjang Hingga 27 Februari 2023

SORONG, PBD – Pendaftaran Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ UT) Sorong tahun akademik 2023 diperpanjang masa pendaftarannya hingga 27 Februari 2023 mendatang.

Manajer Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA) Universitas Terbuka Sorong, Roman Hadi Saputro yang dijumpai sorongnews.com di Kota Sorong, Papua Barat Daya, Senin (20/2/23) mengatakan bahwa melihat antusias warga yang hendak berkuliah di UT, sehingga dari pimpinan memperpanjang masa pendaftaran calon mahasiswa baru hingga Senin 27 Februari 2023.

___

“Untuk program Diploma dan Sarjana, penerimaan mahasiswa baru di Univeritas Terbuka secara keseluruhan dari Aceh Sampai Jayapura termasuk Sorong, diperpanjang hingga Senin 27 Februari 2023,” terang Roman.

Ia mengatakan minat masyarakat untuk wilayah UT Sorong yang saat ini melingkupi Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya sangat tinggi, karena UT menawarkan perkuliahan program belajar jarak jauh atau secara online.

Kelebihan UT dibandingkan kampus lain adalah waktu yang lebih fleksibel karena tidak terikat waktu kehadiran dan lebih hemat karena tak perlu mengeluarkan dana trasnportasi pergi pulang ke kampus.

“Kalau kampus lain harus datang dan pulang jam sekian, maka di UT, mulai dari Bangun tidur, sambil kerja, sambil rebahan bisa sekaligus kuliah, semua perkuliahan dilakukan online. Jadi bagi yang belum bergabung, silahkan bergabung bersama Universitas Terbuka,” ajak Roman.

Sebelumnya, Manajer Registrasi dan Ujian, Muhlis Hafel, saat ditemui Sorongnews.com, Senin (13/2/23) mengatakan bahwa di Universitas Terbuka memiliki pembiayaannya terjangkau dan murah, dengan membayar Rp 100.000 saja sudah terdaftar sebagai mahasiswa di UPBJJ UT.

“Kita lihat di UT biayanya murah, karena kita tidak pakai uang gedung, jadi membayar 100 ribu sudah terdaftar sebagai mahasiswa di Universitas Terbuka. Selanjutnya, membayar SPP tergantung prodinya, sehingga dapat menerima NIM (Nomor Induk Mahasiswa),” tutupnya.

Berikut ini Sorongnews.com merangkum program studi yang ditawarkan di Universitas Terbuka antara lain:

Program Studi Diploma dan Sarjana (S1)

  1. FKIP yakni Pend. Bahasa & Sastra Indonesia (Akreditasi B), Pend. Bhs Inggris (Akreditasi 3), Pend. Biologi (Akreditasi B), Pend. Fisika (Akreditasi B), Pend. Kimia (Akreditasi B), Pend. Matematika (Akreditasi A),Pend. Ekonomi (Akreditasi B), Pend. PancasilaKewarganegaraan (Akreditasi B), Pend. Guru SD (Akreditasi A), Pend. Guru PAUD (Akreditasi A) dan Teknologi Pendidikan (Akreditasi B).
  2. FE yakni Ekonomi Pembangunan (Akreditasi A), Ekonomi Syariah (Akreditasi B), (Akreditasi A) Akuntansi (Akreditasi A) dan Akuntansi Keuangan Publik (Akreditasi B).
  3. FHISIP yakni Ilmu Administrasi Bisnis (Akreditasi A), Ilmu Administrasi Negara (Akreditasi A), Sosiologi (Akreditasi A), Ilmu Pemerintahan (Akreditasi B), Ilmu Komunikasi (Akreditasi B), Sastra Inggris (Akreditasi B), Perpustakaan & Sains Informasi (Akreditasi B) dan Ilmu Hukum (Akreditasi A).
    Diploma yakni Program D3 Perpajakan (Akreditasi A) dan Program D4 Kearsipan (Akreditasi A).
  4. FST yakni Statistika (Akreditasi B), Matematika (Akreditasi B), Biologi (Akreditasi B), Teknologi Pangan (Akreditasi B), Agribisnis (Akreditasi B), Perencanaan Wilayah dan Kota (Akreditasi B) dan Sistem Informasi (Dalam Proses Akreditasi)

Selain itu, informasi lebih lanjut dapat menghubungi HP/WA: 082198448689 atau mengunjungi pendaftaran online admisi-siat.ut.ac.id (Oke)

___ ___

Komentar