UT Sorong Latih Puluhan Tutor, Tingkatkan Kualitas

SORONG, PBD – Universitas Terbuka (UT) Sorong sebagai perguruan tinggi negeri yang terus menjaga dan selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melaksanakan pelatihan tutor.

Acara tersebut digelar di The Belagri Hotel Sorong, 6-8 September 2023.

___ ___ ___ ___

Acara diikuti 31 tutor yang dipilih oleh UT Sorong, mereka adalah tutor baru mapun tutor lama yang belum pernah mendapatkan pelatihan secara luring atapun daring.

Direktur UT Sorong Dr. Muhlis Hafel menyampaikan Para tutor dipilih berdasarkan profil dan riwayat pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan UT Sorong yang kriteria utamanya adalah sudah magister.

Tutor yang terlibat mulai dari dosen, guru, hingga praktisi, yang berasal dari berbagai kampus.

“Kedepan kita akan bekerjasama dengan berbagai kampus yang ada di Kota Sorong, agar kedepan, para tutor yang berasal dari Kampus lain disaat kami membutuhkan bisa diizinkan oleh para rektor”, terangnya.

Semua tutor ini dibutuhkan dalam sistem belajar jarak jauh maupun online atau tutorial webbinar.

Selain itu, Ia menyampaikan Pelatihan Tutor bertujuan untuk menciptakan dan mempersiapkan serta meningkatkan kualitas tenaga pengajar profesional Universitas Terbuka (UT) Sorong agar mampu menyelenggarakan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam kegiatan tutorial.

Para tutor ini dipersiapkan untuk menjadi tutor pada Program Sarjana FEB, FHISIP dan FKIP dengan baik yang meliputi bagaimana prinsip dan strategi belajar mandiri, keterampilan dasar tutorial, pembelajaran aktif dalam tutorial, ragam metode pembelajaran, pengembahan kit dan bahan tutorial.

“Terkait Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT), Satuan Aktivitas Tutorial (SAT), bahan paparan materi esensial, kisi-kisi tugas, soal, dan pedoman penilaian, serta keterampilan pengunaan fasilitas teknologi learning management system (LMS) yang telah dikembangkan UT”, terangnya. (541)

___ __

Komentar