Prodi Hukum dan Manajemen Jadi Primadona di UT Sorong

SORONG, PBD – Program Studi (Prodi) Hukum dan Manajemen menjadi primadona di Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ UT) Sorong.

Hal ini disampaikan Koordinator Registrasi, Pembelajaran dan Ujian UT Sorong, Roman Hadi Saputro saat ditemui Sorongnews.com diruang kerjanya di UT Sorong, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (22/2/23).

“Pendaftaran mahasiswa baru di gelombang ini, paling banyak mahasiswa daftar prodi S1 Hukum dan S1 Manajemen. Banyak dari Bintara Polri ikut daftar dan kuliah di UT Sorong ambil prodi Hukum, sehingga yang paling banyak di prodi S1 Hukum dan Manajemen, dua prodi ini jadi prodi primadona di UT Sorong,” ucap Roman.

Lebih lanjut, Roman sapaan akrabnya menyebutkan, terkait penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2024 telah dimulai dibulan Desember 2023 dan telah ditutup pada tanggal 22 Februari 2024.

Dibeberkannya, di UPBJJ UT Sorong terdapat 1 gelombang pendaftaran penerimaan mahasiswa baru, yang dimana tiap semesternya akan dibuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru.

“Pendaftaran mahasiswa baru telah dimulai dibulan Desember dan saat ini sudah ditutup. Belum ada perpanjangan untuk pendaftaran, UT tidak seperti universitas-universitas lain yang hanya dibuka pendaftaran pada bulan Juli-Agustus, namun setiap semester ada penerimaan mahasiswa baru, saat ini sudah ada sekitar 125 mahasiswa yang terdaftar di UT Sorong,” bebernya.

Disambungnya, 125 mahasiswa yang telah terdaftar di UT Sorong merupakan mahasiswa yang telah melakukan registrasi dan pembayaran SPP, sementara mahasiswa lainnya tercatat belum melakukan registrasi dan pembayaran SPP, pihaknya masih menunggu lantaran pembayaran SPP paling lambat dijadwalkan ditanggal 12 Maret 2024, mendatang.

Roman mengungkapkan, pada tahun 2024, UT Sorong memiliki program studi baru yakni Pendidikan Agama Islam. Tak hanya itu, dirinya menjelaskan, kedepannya direncanakan akan hadir prodi lainnya di UT Sorong yakni prodi S1 Perpajakan dan S1 Data Sains.

Pada kesempatan yang sama, dirinya berharap, UT Sorong terus berjalan dan mendorong sesuai dengan mottonya yaitu menjangkau yang tidak terjangkau, sehingga kedepannya UT Sorong dapat mencakup kebutuhan pendidikan tinggi diseluruh wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya.

“Kami harap agar yang tidak terjangkau oleh kampus-kampus dan ingin menempuh pendidikan jarak jauh, maka dapat dijangkau oleh UT, sehingga bisa berkuliah di UT, melalui UT kedepannya diharapkan dapat memeratakan pendidikan diseluruh wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya,” harapnya.

Berikut ini Sorongnews.com merangkum program studi yang ditawarkan di Universitas
Terbuka antara lain:

1. Program Studi Diploma dan Sarjana (S1)

  • FKIP yakni Pend. Bahasa & Sastra Indonesia (Akreditasi B), Pend. Bhs Inggris (Akreditasi 3), Pend. Biologi (Akreditasi B), Pend. Fisika
    (Akreditasi B), Pend. Kimia (Akreditasi B), Pend. Matematika (Akreditasi A),Pend. Ekonomi (Akreditasi B), Pend. Pancasila Kewarganegaraan
    (Akreditasi B), Pend. Guru SD (Akreditasi A), Pend. Guru PAUD (Akreditasi A) dan Teknologi
    Pendidikan (Akreditasi B).
  • FE yakni Ekonomi Pembangunan (Akreditasi A), Ekonomi Syariah (Akreditasi B), Akuntansi (Akreditasi A) dan Akuntansi Keuangan Publik (Akreditasi B).
  • FHISIP yakni Ilmu Administrasi Bisnis (Akreditasi A), Ilmu Administrasi Negara (Akreditasi A), Sosiologi (Akreditasi A), Ilmu Pemerintahan (Akreditasi B), llmu Komunikasi (Akreditasi B), Sastra Inggris (Akreditasi B), Perpustakaan & Sains Informasi (Akreditasi B) dan Ilmu Hukum (Akreditasi A).

2. Diploma yakni

  • Program D3 Perpajakan (Akreditasi A) dan Program D4 Kearsipan (Akreditasi A).
  • FST yakni Statistika (Akreditasi B), Matematika (Akreditasi B), Biologi (Akreditasi B), Teknologi Pangan (Akreditasi B), Agribisnis (Akreditasi B), Perencanaan Wilayah dan Kota (Akreditasi B) dan Sistem Informasi.

2. Program Magister (S2)

  • Program Magister (S2) terdiri dari Ilmu
    Administrasi Publik (Akreditasi B), Manajemen (Akreditasi B) Manajemen Perikanan (Akreditasi B), Pendidikan Matematika (Akreditasi B)
    Pendidikan Dasar (Akreditasi B), Pendidikan Bahasa Inggris (Akreditasi B) dan Studi
    Lingkungan (Akreditasi Baik)

3. Program Doktoral (S3)

  • Program Doktoral (S3) terdiri dari Program Doktor Ilmu Manajemen (Akreditasi Baik) dan
    Program Doktor Administrasi Publik (Akreditasi Baik)

Hingga berita ini diterbitkan, informasi lebih lanjut dapat menghubungi HP/WA: 082198448689 atau
mengunjungi pendaftaran online admisi-
siat.ut.ac.id (Jharu)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar