Awal Tahun 2024, Dinkes Kota Sorong Temukan 12 Kasus HIV Positif Didominasi LSL

SORONG, PBD – Data kasus HIV/AIDS terus meningkat dari hari ke hari. Data Dinas Kesehatan Kota Sorong, hingga Desember 2023 mencatat ada 3.774 kasus, sedangkan untuk kasus positif di awal tahun 2024, Dinkes Kota Sorong mencatat ada 12 kasus baru HIV.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Sorong, Jenny Isir yang dijumpai belum lama ini, membenarkan hal tersebut.

___

“Kalau kita lihat, perkembangan tiap tahunnya di Kota Sorong terus meningkat. Di bulan Januari saja sudah ada 12 kasus HIV baru dengan rata-rata usia produktif dari 20 sampai 39 tahun,” ungkap Jenny.

Ia menambahkan bahwa dari ribuan kasus yang ditangani Dinkes Kota Sorong bersama sejumlah LSM Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) merupakan usia produktif, dimana Anak Dengan HIV AIDS (ADHA) yang masih dalam pengobatan ARV aktif ada 156 anak. Dimana mayoritas, menurut Jenny adalah Lelaki Suka Lelaki (LSL).

Ia mengatakan bahwa pergaulan bebas dan kurangnya edukasi di keluarga menyebabkan anak-anak mencoba hal-hal baru yang kemudian terjerumus pada pergaulan bebas.

“Keluarga menjadi benteng utama perkembangan anak-anak,” tegas Jenny.

Ia mengatakan meski prevalensi peningkatan HIV AIDS sekitar 2,3% tiap tahunnya menandakan bahwa penyebaran HIV AIDS bukan lagi pada kelompok kunci atau beresiko tapi juga pada masyarakat umum.

Oleh karena itu, Ia menyarankan agar masyarakat dapat melakukan pemeriksaan tes HIV AIDS secara sukarela di sejumlah puskesmas secara gratis oleh pemerintah. Apabila ditemukan positif, tidak perlu panik dan putus asa, karena melalui perawatan pengobatan terapi ARV dan tes viral load bisa menekan pertumbuhan virus dan yang bersangkutan dapat melakukan aktivitas keseharian.

“Dengan adanya pengobatan yang benar dan teratur, maka dapat menekan perkembangan virus layaknya sakit Gula yang minum obat terus menerus agar gulanya stabil. begitupun dengan HIV,” sebut Jenny.

Ia berharap kepada semua lapisan masyarakat untuk terus menjaga diri dari kemungkinan penularan HIV terutama dari pergaulan seks bebas. (oke)

___ ___

Komentar