oleh

Seniman Asal Papua Keluhkan Soal Ini ke Mendikbud

SORONG, – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Nadeim Anwar Makarim melakukan kunjungan kerja sekaligus diskusi singkat mengenai perlindungan pengembangan pemanfaatan dan pembinaan dengan pelaku seni dan budaya di sanggar Nani Bili Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (10/2/21).

Setibanya di sanggar Nani Bili, Mendikbud disajikan tarian selamat datang dan meninjau rumah sewa milik sanggar. Berderet sejumlah piala dan penghargaan di rumah ukuran tak besar bercat biru.

Disebelahnya, ada sebidang tanah lapang yang biasa digunakan untuk latihan tari dan disitulah pertemuan dengan Mendikbud dilaksanakan.

Sejumlah seniman dan budayawan sudah menunggu dan menjadikan moment tersebut peluang emas untuk mengeluhkan semua keresahan selama ini.

Pengurus dari sanggar Nani Bili misalnya, meski ternama dan membanggakan Indonesia dikancah nasional maupun Internasional. Mereka terpaksa harus berupaya sendiri mengembangkan kreatifitas. Rumah yang dipakai untuk berkreatifitaspun masih sewa. Setiap mengikuti event juga harus swadaya karena minimnya anggaran bantuan pemerintah.

Komentar