RJK Tantang Seniman OAP Kolaborasi Tarian Daerah

KABUPATEN SORONG, PBD – Anggota Komisi X DPR RI Dapil Papua Barat, Robert Joppy Kardinal menantang seniman Orang Asli Papua (OAP) untuk mengkolaborasikan tarian Asli Papua dengan tarian Nusantara lainnya.

Hal ini disampaikan Robert Joppy Kardinal saat ditemui sejumlah awak media di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Rabu (7/2/24).

“Saya tadi tantang seniman Papua untuk bagaimana kalian bikin tarian Papua dikolaborasikan dengan tarian Jawa maupun tarian Nusantara lainnya, nanti kita bikin festivalnya. Mininya Indonesia ada disini (di Kabupaten Sorong), ide-ide saya seperti itu, kalau kalian (seniman Papua) siap, nanti saya bicara dengan pemerintah pusat dan Kementerian terkait untuk menyelenggarakan festival seperti ini,” Kata Anggota Komisi X DPR RI Dapil Papua Barat, Robert Joppy Kardinal saat ditemui sejumlah awak media usai menghadiri kegiatan Bersih Indah Sehat Aman (BISA) Festival bertempat di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Rabu (7/2/24).

Lebih lanjut, Robert menyampaikan bahwa, generasi muda yang ada di Provinsi termuda di Indonesia ini harus senantiasa dibekali dengan kegiatan yang positif, demi menghindari hal-hal negatif.

Menurutnya, banyak generasi muda yang terjerumus kedalam hal-hal negatif, sehingga dirinya berharap, dengan pelaksanaan BISA Festival ini dapat membuka wawasan generasi muda dalam menciptakan inovasi dan kreatifitas, salah satunya dibidang kebudayaan.

“Saya apresiasi kegiatan seperti ini, inikan untuk melestarikan budaya tari tradisional Papua, lewat kegiatan ini tentu mengajak anak muda agar mencintai budayanya sendiri, ” bebernya

Ditambahkan politisi senior partai berlambang pohon beringin itu , di wilayah Papua masih minim wadah untuk menyalurkan kreatifitas, apalagi banyak tempat yang dinilainya harus mengeluarkan biaya guna memopong kreatifitas generasi muda.

“Disini masih kurang wadah untuk mengembangkan kreatifitas anak muda, ada tapi harus mengeluarkan biaya lagi, jadi harus disiapkan seperti itu untuk mendukung kreatifitas anak muda,” tambahnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, pelaksanaan kegiatan BISA Festival terselenggara berkat kerjasama antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI), Anggota DPR RI Komisi X, Robert Joppy Kardinal serta Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sorong.

Diketahui, kegiatan itu melibatkan berbagai sanggar budaya asli Papua yang ada di wilayah Kabupaten Sorong hingga Papua Barat Daya. (Jharu)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar