Berikut Alasan Harga Minyak Goreng Masih Belum Satu Harga

SORONG, – Harga komoditi minyak goreng, terus menjadi topik perbincangan dikarenakan masih mengalami kenaikan harga dibandingkan sebelum natal dan tahun baru.

Meski sebelumnya pemerintah menerapkan kebijakan satu harga untuk minyak goreng kemasan dengan harga Rp 14.000 mulai Rabu, 19 Januari hingga 31 januari 2022.

___

Pemerintah kembali melakukan penyesuaian kebijakan terkait pemberlakuan harga minyak goreng di Indonesia mulai 1 Februari 2022.

Berdasarkan kebijakan yang berlaku per 1 Februari 2022 tersebut, Kementerian Perdagangan (Kemendag) merinci harga eceran minyak goreng, mulai dari minyak goreng curah hingga kemasan premium.

Harga minyak goreng curah Rp11.500 per liter, Harga minyak goreng kemasan sederhana Rp13.500 per liter dan Harga minyak goreng kemasan premium Rp14.000 per liter.

Salah satu pemilik toko sembako, Kuradi yang ditemui sorongnews.com pada Senin, (31/1/22)  menuturkan, harga minyak goreng masih tinggi disebabkan harga dari distributor masih tinggi.

“Harga minyak belum turun-turun itu karena harga distributornya masih tinggi, ada minyak subsidi namun stoknya sangat terbatas, dan sudah habis terjual”, ungkap Kuradi.

Kenaikan harga minyak goreng sangat dirasakan dampaknya bagi banyak kalangan, salah satunya Turiman, salah satu penjual gorengan.

“Sempat dikasih naik dari harga yang biasanya satu buah gorengan Rp. 1.000, jadi empat buah Rp. 5.000 tapi terkadang masyarakat tidak terima dengan harga segitu,” terangnya.

Selaku pedagang kecil Turiman berharap agar harga minyak goreng segera kembali normal sesuai dengan kebijakan yang sudah dikeluarkan pemerintah,sebab pendapatannya berkurang pada saat harga minyak naik.

Demikian pula Kuradi, pria berusia 65 tahun pemilik toko sembako tersebut, mendukung pemerintah agar segera menurunkan kembali harga minyak goreng.

“Tidak masalah dengan harga yang diturunkan oleh pemerintah,itu malah lebih bagus dan kita masih menunggu instruksi pemerintah. Kalau instruksi di turunkan tetap kami turunkan harga minyaknya,” Tegas Kuradi.(Meiwa/Sya)

___ __ ___ ___

Komentar