Daftar Tunggu Jamaah Calon Haji Kota Sorong Capai 18 Tahun

SORONG, – Nuansa dan semangat berhaji tahun ini kembali bergeliat setelah dua tahun berturut-turut dihentikan akibat Pandemi COVID-19.

108 Jamaah Calon Haji Kota Sorong, kloter 19 gelombang kedua pun telah dilepas oleh Wali Kota Sorong, Lambert Jitmau selaku kordinator Haji Daerah Kota Sorong di Kota Sorong, Papua Barat, Senin (27/6/22) dan dijadwalkan akan berangkat ke embarkasi Makasar, Selasa (28/6/22).

Terkait jumlah Jamah calon haji saat ini, Kepala Kementerian Agama Kota Sorong, Rofiul Amri usai pelepasan Jamaah Calon Haji mengungkapkan bahwa Jamaah Calon Haji saat ini yang masuk dalam daftar tunggu sebanyak 4.138 orang.

Dimana, jika diestimasikan maka daftar tunggu Haji saat ini mencapai 18 tahun.

Terkait daftar tunggu saat ini jika dicek melalui website kementerian agama, ada daftar tunggu hingga 30 sampai 40 tahun disebabkan sistem saat ini yang menghitung pengurangan kuota jamaah sebanyak 50 persen.

“Kalau ikut kuota normal kan seharusnya 221.000, tapi sekarang 110.000, jadi kalau yang daftar diatas tahun 2015 bisa sampai 32 tahun daftar tunggunya,”terang Amri.

Ia pun mengimbau kepada Jamaah Calon Haji di Kota Sorong untuk bersabar dan berdoa agar kuota Haji bisa kembali normal bahkan bisa bertambah, sesuai permintaan pemerintah Indonesia ke Arab Saudi yaitu 300.000 kuota.

“Tahun ini karena uji coba ditengah pandemi, Kami berharap semua bisa berjalan lancar dan sukses. Seraya berdoa dan meminta kepada Allah semoga tahun-tahun berikutnya kuota bisa kembali normal bahkan bertambah,” imbau Amri. (Oke)

____

Komentar