oleh

Arius Jitmau Berkomitmen Genjot Pasar Lokal Sebagai Fondasi Perputaran Ekonomi Rakyat

 

MAYBRAT, – Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dispernakertrans) Kabupaten Maybrat berkomitmen akan lebih meningkatkan pertumbuhan ekonomi lewat pemanfaatan pasar-pasar lokal yang telah di siapkan pemerintah. Tak hanya itu, pihaknya juga akan memperbaiki sistem manajemen pasar tersebut.

“Pasar tradisional atau lokal adalah fondasi putaran perekonomian rakyat. Untuk itu, kita akan terus menata usaha-usaha yang ada di Maybrat khususnya dagang. Sehingga dapat diorganisir baik, dan kita pun bisa mengenal lebih jauh usaha-usaha tersebut”, ujar Kepala Dispernakertrans Maybrat, Arius Jitmau, di Maybrat, Papua Barat, Senin (21/6/21).

Selain menata pasar, pihaknya juga akan meningkatkan sosialisasi pada pelaku- pelaku ekonomi khususnya pedagang warga lokal sehingga memahami baik manfaat dari pasar itu. Soalnya, hampir disetiap kampung telah disiapkan sarana dan prasarana pasar, maka harus dimanfaatkan baik untuk genjot perekonomian.

“Jabatan ini, amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh bupati. Dengan itu, saya akan jaga baik mengembangkan potensi ekonomi lokal yang ada di Maybrat. Jika ada bantuan -bantuan dari pemerintah, tentunya akan jadi perhatian kedepan. Sehingga bantuan dapat tepat sasaran alias terfokus bagi para usaha dagang,” cetusnya.

Lalu dibidang ketenagakerjaan sambung dia, pihaknya akan mendorong para tenaga kerja mendapatkan hak-haknya juga layanan yang baik. Selanjutnya memiliki perjanjian kontrak kerja yang jelas, serta mendapatkan jaminan kesehatan dan hak lain. Sehingga jika terjadi kecelakaan disaat bekerja ada perhatian dari pihak-pihak perusahaan.

“Begitu pula bidang transmigrasi, khususnya kampung Aitrem sama Temsos. Dimana dua kampung ini sudah menjadi perhatian sebab disana ada transmigrasi lokal. Perumahan di dua kampung ini telah dibangun, tugas kami tinggal mendorong agar warga kembangkan diri. Dimana hasil di kampung dari pertanian dan perkebunan agar dipasarkan”, tutupnya. [Valdo]

Komentar