76 Peserta Siap Bertanding di MTQ Tingkat Kabupaten Sorong 2022

KABUPATEN SORONG, – Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Kabupaten Sorong diselenggarakan di Aula LPTQ, Aimas, Kabupaten Sorong, Sabtu – Minggu (29-30/1/22).

Sebanyak 12 cabang lomba dipertandingkan dalam perhelatan MTQ tingkat kabupaten Sorong tahun 2022 kali ini.

Berdasarkan data yang dihimpun Sorongnews.com, cabang lomba tersebut terdiri dari tartil Qur’an terdiri dari 16 peserta, tilawatil golongan anak-anak 16 peserta, tilawatil Qur’an golongan remaja 8 peserta, tilawatil Qur’an golongan dewasa 6 peserta, hifzil Qur’an 1 juz 10 peserta, hifzil Qur’an 5 juz 4 peserta, hifzil Qur’an 10 juz 4 peserta, hifzil Qur’an 20 juz 2 peserta, Syarhil Qur’an 2 regu, fahmil Qur’an 2 regu, khotmil Qur’an 2 peserta, dan karya tulis Qur’an 2 peserta, sehingga pada pergelaran MTQ tingkat kabupaten Sorong tahun 2022 sebanyak 76 peserta yang berasal dari tiap Distrik bertanding di ajang dua tahun sekali ini.

Kepada Sorongnews.com, Sabtu (29/1/22), Katua panitia MTQ tingkat kabupaten Sorong, Suroso mengatakan bahwa dari 76 peserta yang bertanding di MTQ kali ini, beberapa peserta yang mengikuti ajang MTQ ini merupakan peserta yang pernah mewakili kabupaten Sorong untuk tingkat provinsi, ada juga peserta yang mewakili provinsi Papua Barat akan tetapi belum berkesempatan menjuarai ditingkat nasional sehingga memungkinkan untuk mengikuti MTQ tingkat kabupaten Sorong kali ini.

Ia juga menambahkan, terdapat beberapa peserta diberbagai cabang lomba merupakan wajah baru yang bertanding di MTQ kali ini, dimana sama-sama berkesempatan memperoleh hasil yang terbaik.

“Artinya di dua hari ini, kami masih memilih calon-calon peserta dan komposisi khafilah kabupaten Sorong untuk diikutkan dalam ajang MTQ Provinsi Papua Barat, yang akan diselenggarakan di Kabupaten Sorong Selatan pada tanggal 7 sampai 12 Mei 2022 mendatang,” lugasnya.

Ia mengungkapkan bahwa terdapat beberapa cabang lomba yang menjadi andalan kafilah kabupaten Sorong yang mampu mewakili provinsi Papua Barat hingga tingkat Nasional diantaranya karya tulis Qur’an, hifzil Qur’an 5 juz serta tilawatil Qur’an golongan anak-anak.

Menurutnya, khafilah kabupaten Sorong sangat optimis untuk menampilkan hasil terbaik pada perhelatan MTQ tingkat provinsi Papua Barat di kabupaten Sorong Selatan bulan Mei mendatang. Khafilah kabupaten Sorong akan menampilkan yang terbaik, sehingga pada MTQ tingkat kabupaten Sorong kali ini akan menjaring peserta terbaik utusan beberapa Distrik, kemudian dibina serta dilatih untuk membawa nama baik kabupaten Sorong pada pergelaran MTQ tingkat provinsi.

“Tentunya seluruh peserta mampu memberikan penampilan yang terbaik, sesuai dengan kemampuan diri masing-masing, target yang paling penting dari itu sebenarnya, selain mendapatkan juara, adalah menciptakan generasi yang qur’ani, yang berakhlakul karimah, tidak hanya sekedar membaca saja, tetapi bagaimana ia mampu mengamalkan nilai-nilai dari Al-qur’an tersebut,” tutupnya. (Jharu/sya)

___ __ ___

Komentar