4 Kegiatan Penting Wajib Dijalani Mahasiswa Baru di Universitas Terbuka

SORONG, PBD – Universitas Terbuka (UT) sebagai pionir Perguruan Tinggi dengan sistem pembelajaran jarak jauh, memberikan wawasan dan keterampilan dengan diselenggarakannya Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) kepada mahasiswa baru program diploma dan sarjana tahun akademik 2023. bertempat di lantai 2 UPBJJ-UT Sorong, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Senin – Selasa (20-21/3/23).

Manajer Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA) Universitas Terbuka Sorong, Roman Hadi Saputro mengatakan bahwa untuk mahasiswa baru, pihaknya menyelenggarakan 4 kegiatan penting dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa yang menempuh studi di Universitas Terbuka.

___

“Untuk mahasiswa baru, kita ada 4 kegiatan. Pertama itu orientasi studi mahasiswa baru (OSMB), sudah dilaksanakan Sabtu (18/3/23) kemarin. Saat ini, kami melaksanakan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) yang dilaksanakan dua hari, Senin – Selasa (20-21/3/23). Kemudian, mendekati tugas ada namanya workshop tugas (WT) dan yang terakhir kami laksanakan klinik ujian,” kata Roman Hadi Saputro.

Tak hanya itu, menurutnya, PKBJJ bertujuan membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan belajar efektif dalam sistem PJJ di UT agar memiliki kesiapan, kepercayaan diri dan kemandirian dalam menyelesaikan studinya dengan efektif dan hasil yang baik.

“Di UT itu menekankan kemandirian dalam belajar. Artinya, mahasiswa harus mampu dan pandai mengatur waktu agar saat belajar dapat mencapai hasil yang diinginkan,” ujarnya.

Diakhir kesempatan, sebagai Ketua Panitia PKBJJ, dirinya menambahkan bahwa kedepannya, mahasiswa diberikan pembekalan mengenai layanan keterampilan membaca modul secara efektif, keterampilan merekam hasil baca, tips sukses mengikuti tutorial dan UAS, keterampilan mengakses layanan online hingga masih banyak materi lainnya yang sangat membantu mahasiswa agar lebih siap selama menempuh pendidikan di Universitas Terbuka Sorong.

“Saya harap dengan kegiatan ini, mahasiswa dapat mengikuti pola pendidikan jarak jauh dan mendapatkan nilai yang diinginkan,” harapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com juga, mahasiswa baru yang hadir tatap muka berjumlah 80 orang dan bagi yang belum berkesempatan hadir dalam pelaksanaan PKBJJ secara tatap muka akan dilaksanakan juga pelaksanaan PKBJJ secara virtual yang dikemas langsung oleh panitia penyelenggara PKBJJ UT Sorong. (Jharu)

___ __ ___ ___

Komentar