Kodam Kasuari Buka Penerimaan Anggota Komcad, Kuota 200 Orang

MANOKWARI, PAPUA BARAT – Kodam XVIII Kasuari akan membuka penerimaan Komponen Cadangan (Komcad) tahun anggaran 2023 sebanyak 200 orang. Hal ini disampaikan Kapendam Kasuari, Letkol Inf Batara Alex Bulo kepada sejumlah media di Manokwari, Papua Barat, Selasa (21/3/23).

“Dalam penerimaan Komcad kami akan menerima 200 orang, dimana setelah diterima sebagai anggota Komcad akan melanjutkan pendidikan selama tiga bulan di Rindam Kodam XVIII Kasuari yang bertempat di Manokwari Selatan di daerah Mumiwaren. Kami akan menyediakan kepangkatan dan perlengkapan lengkap Militer TNI seperti baju, ransel, helm sampai dengan senjata merek SS1 bagi anggota Komcad,” ujar Kapendam.

Sambungannya, setelah melaksanakan pendidikan Komcad di Rindam Kodam VXII Kasuari, Komcad tersebut memiliki senjata dan dititipkan di Kodim dan pada waktu Negara kita dalam keadaan genting Anggota Komcad tersebut siap di turunkan untuk berperang, anggota Komcad juga dibiayai perbulan oleh Negara.

Untuk penerimaan Anggota Komcad bisa juga berpendidikan SMA sampai dengan Sarjana S1 dan S2. Dimana kepangkatan di lihat dari ijasah, apabila masuk dengan gelar sarjana S1 maka bisa di angkat menjadi Danton, jikalau Sarjana S2 maka di angkat menjadi Komandan Kompi.

Dalam pasal 42 UU Nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara, anggota Komcad memiliki sejumlah hak, yakni uang saku selama menjalani pelatihan, tunjangan operasi pada saat mobilisasi, rawatan kesehatan, perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, serta penghargaan. (Rolly)

 

____

Komentar