oleh

Tes Acak Antigen di Pelabuhan Sorong Satu Orang Positif

SORONG, – Lantamal XIV bekerja sama dengan Satuan gugus tugas (Satgas) COVID-19 kota Sorong melakukan tes acak antigen di Pelabuhan Sorong, Papua Barat Kamis malam (24/6/21).

Dari hasil pemeriksaan acak bagi penumpang yang baru saja tiba dengan KM Ciremai dari arah Barat Papua mendapati satu orang penumpang asal Jakarta positif COVID 19.

Wadan Lantamal XIV Sorong, Kolonel Laut (P) Yohanis Yulius Tamoni dalam keterangannya mengatakan bahwa pemeriksaan tersebut merupakan bentuk dukungan TNI AL terutama Lantamal XIV serta POMAL kepada pemerintah dalam hal ini Satgas untuk pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayah kepala burung dengan pemeriksaan antigen secara acak di wilayah pelabuhan yang merupakan arus keluar masuk orang.

“Dari 10 sampel yang diperiksa ditemukan salah satu penumpang asal Jakarta positif dan diserahkan kepada Satgas COVID-19 kota Sorong untuk ditindak lebih lanjut,” ujarnya.

Kegiatan pencegahan ini masih akan dilakukan berkala di pintu masuk Pelabuhan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Sekretaris Satgas COVID-19 kota Sorong, Herlin Sasabone memberikan apresiasi kepada pihak Lantamal XIV yang menginisiasi tes acak antigen di Pelabuhan Sorong sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dari luar daerah.

“Kegiatan ini sangat tepat dan membantu pemerintah daerah dalam hari ini Satgas COVID-19 kota Sorong untuk penanganan pencegahan penyebaran virus Corona terutama varian baru,” katanya.

Pelaksanaan tes acak ini diharapkan dapat dilakukan secara berkala di sejumlah titik, dengan tujuan agar penularan dapat dideteksi lebih awal dan dapat dilakukan pencegahan yang tepat. (*Oke)

Komentar