Kontingen Olympicad Papua Barat Daya Resmi Dilepas, Mungawan : Sebagai Ajang Silaturahim

KABUPATEN SORONG, PBD – Majelis Pendidikan, Dasar, Menengah, dan Pendidikan Non Formal (Dikdasmen PNF) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Papua Barat Daya melepas kontingen Olympic Ahmad Dahlan (Olympicad) ke-7 bertempat di Gedung Unimuda Convention Centre (UCC), Kabupaten Sorong, Jumat (23/2/24).

Pantauan Sorongnews.com, pelepasan kontingen Olympicad Papua Barat Daya itu dilepas secara resmi dan langsung oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Papua Barat Daya, Mungawan.

Olympicad ke-7 tingkat Nasional itu dijadwalkan akan digelar pada tanggal 6-8 Maret 2024 mendatang di Bandung, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, Olympicad merupakan ajang prestasi dan pengembangan potensi bagi siswa dan guru Muhammadiyah di seluruh Indonesia.

Ketua PW Muhammadiyah PBD, Mungawan mengatakan bahwa, Olympicad merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan 2 tahun sekali, dilaksanakan oleh Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah. Diterangkannya, ditahun ini, kontingen Olympicad Papua Barat Daya siap memberangkatkan sebanyak 100 orang yang tergabung dalam kontingen.

“Olympicad ini memang kegiatan rutin 2 tahun sekali, merupakan kegiatan yang dilaksanakan Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah. Ini sudah Olympicad ke-7 yang akan dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat dan InsyaAllah akan memberangkatkan 100 orang yang tergabung dalam kontingen Olympicad Papua Barat Daya,” ucap Ketua PW Muhammadiyah PBD, Mungawan.

Lebih lanjut, dibeberkannya, dalam kontingen Olympicad Papua Barat Daya yang berjumlah 100 orang itu, terdiri dari 56 peserta, ditambah dengan pendamping, orang tua siswa-siswi, serta panitia.

“Pesertanya ada 56, ditambah pendamping, orang tua dan panitia, itu 100 semuanya,” bebernya.

Pada kesempatan yang sama, dirinya berharap, dengan pelepasan kontingen Olympicad Papua Barat Daya guna bertarung dalam pergelaran Olympicad ke-7 tingkat Nasional, dapat dijadikan sebagai ajang silaturahim dalam pendidikan Muhammadiyah se-Indonesia bahkan pendidikan Muhammadiyah di Mancanegara.

Ketua PW Muhammadiyah Papua Barat Daya, Mungawan

“Harapannya, Olympicad ini sebagai ajang silaturahim didalam pendidikan Muhammadiyah seluruh Indonesia, bahkan hingga pendidikan Muhammadiyah di Mancanegara,” harapnya.

Tak hanya itu, dirinya meminta kepada kontingen Olympicad Papua Barat Daya agar dengan pergelaran Olympicad di Bandung itu dapat berperan andil dalam meningkatkan kualitas sekolah hingga madrasah dilingkungan Pendidikan Muhammadiyah se-Papua Barat Daya serta turut mempersiapkan generasi yang unggul.

“Dengan Olympicad ini dapat meningkatkan kualitas sekolah hingga madrasah yang ada dilingkungan Pendidikan Muhammadiyah se-Papua Barat Daya. Bisa mempersiapkan generasi yang unggul dalam pembelajaran dan unggul ketika telah selesai dari lingkungan Pendidikan Muhammadiyah,” pintanya.

Ditambahkan Mungawan, dirinya optimis kontingen Olympicad Papua Barat Daya dapat memetik hasil terbaik demi mengharumkan nama Provinsi termuda di Indonesia ini dikanca Nasional.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua Barat Daya, Marthen Iek mengapresiasi dan mendukung penuh atas pelepasan kontingen Olympicad Papua Barat Daya.

“Kami sangat mendukung pelepasan kontingen Olympicad Papua Barat Daya,” terang Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua Barat Daya, Marthen Iek.

Dirinya bersyukur dengan pelepasan kontingen Olympicad Papua Barat Daya, sehingga dirinya mendukung penuh apalagi dinilainya berkaitan dengan mengharumkan nama Provinsi Papua Barat Daya.

“Ini Provinsi baru, sehingga kami bersyukur dan mendukung penuh, apalagi yang membawa nama Provinsi Papua Barat Daya di kanca Nasional,” jelasnya.

Diketahui, Olympicad VII Tingkat Nasional Tahun 2024 mendatang terdapat 33 mata lomba yang terbagi menjadi 6 kelompok, yaitu

1. Olimpiade Mata Pelajaran

2. Olimpiade Kreativitas Siswa

3. Olimpiade Guru Berprestasi

4. Olimpiade Kepala Sekolah Berprestasi

5. Olimpiade Sekolah

6. Olimpiade Quran.

(Jharu)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar