Prajurit Lanal Nabire Berhasil Evakuasi Korban Tenggelam di Perairan

SORONG, PBD – Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Nabire berhasil menemukan korban tenggelam di laut, yang sebelumnya melompat dari kapal penumpang yaitu KM. Sabuk Nusantara 81 diseputaran perairan pelabuhan Nabire, Teluk Kimi Papua Tengah. Sabtu (11/11/23).

Dikatakan Komandan Lanal Nabire Letkol Laut (P) Pius Herdasa Krisna Murti, kejadian diawali pada hari Jumat 10 Nov 2023 pukul 07.00 Wit menerima laporan terkait seseorang yang lompat dari KM. Sabuk Nusantara 81 tepatnya 300 meter sebelum sampai Dermaga Pelabuhan Nabire Papua Tengah.

___ __

Selanjutnya Tim SAR Gabungan dari Lanal Nabire, Basarnas, Polairud, KP3 Laut, KSOP Nabire, Polsek Nabire datang kelokasi dan menurunkan 2 (dua) perahu karet, serta melaksanakan upaya pencarian korban dengan menyisir pantai di sekitar lokasi kejadian, namun sampai sore hari Korban hilang masih belum diketemukan dan dilanjutkan pencarian dilanjutkan besok pagi.

Lebih lanjut Komandan Lanal Nabire mengatakan bahwa pada hari Sabtu 11 November 2023 pukul 06.00 Wit dilaksanakan pencarian hari kedua, dengan melaksanakan pencarian penyelaman dan pencarian di permukaan laut, tepat pukul 08.44 WIT korban ditemukan oleh penyelam dari Prajurit Lanal Nabire an Kld Rizal , dan selanjutnya korban langsung dievakuasi ambulan ke RSUD Nabire.

Ditambahkan keterangan dari Komandan Lanal Nabire, korban adalah seorang laki-laki dengan inisial TW umur 24 tahun adalah seorang wiraswasta yang mengalami gangguan jiwa, dimana menurut keterangan keluarganya yang mengikuti pelayaran dengan kapal dari Wasior menuju Nabire, korban tiba-tiba meloncat dari buritan kapal sekitar pukul 06.03 WIT, kemudian korban berenang menuju ke pantai, sekitar 100 meter berenang dan masih sempat terlihat melepas jaket yang dipakai, namun setiba kapal sandar di Dermaga Nabire, korban tidak terlihat lagi, setelah ditelusuri dipantai korban tidak ditemukan.

Ditempat terpisah, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) IIl Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mengatakan bahwa Prajurit Jajaran Koarmada III harus menjadi menjadi pengayom dan membantu kesulitan rakyat guna memberikan rasa aman dari segala bentuk ancaman, kehadiran setiap prajurit harus membawa manfaat bagi masyarakat sekitarnya, dan juga diucapkan terimakasih kepada Prajurit Lanal Nabire yang cepat merespon kejadian kecelakaan dilaut dengan melaksanakan SAR yang bersinergi dengan aparat setempat. (*/Oke)

___ __ ___

Komentar