oleh

PKS Beri Warna Perpolitikan di PBD, Perempuan dan Milenial Siap Diusung!

SORONG, – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) banyak menyerap aspirasi masyarakat dan hadir memberikan warna perpolitikan di Papua Barat Daya (PBD) serta siap mengusung kaum perempuan maupun milenial pada pesta demokrasi 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) PKS Papua Barat Daya, Muhammad Taslim, Kamis sore (19/1/23).

Dikatakannya bahwa, PKS telah melakukan komunikasi dengan masyarakat khususnya di kota Sorong dan umumnya Sorong Raya dalam hal ini Papua Barat Daya, sehingga PKS banyak menyerap aspirasi masyarakat dan menginginkan PKS hadir memberikan warna perpolitikan di Papua Barat Daya baik di eksekutif maupun legislatif.

“Alhamdulillah, dengan banyak komunikasi dengan masyarakat khususnya di Kota Sorong dan umumnya Sorong Raya dalam hal ini Papua Barat Daya, banyak menyerap daripada aspirasi masyarakat, menginginkan supaya bagaimana PKS bisa hadir memberikan warna perpolitikan di Papua Barat Daya, baik di pemerintahan eksekutif maupun di DPR,” kata Ketua MPW PKS PBD, Muhammad Taslim saat konferensi pers, bertempat di salah satu cafe di Kota Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (19/1/23).

Kemudian disambungnya bahwa, dengan memasuki tahun 2023 ini, menurutnya telah memasuki tahun politik, sehingga PKS mengambil langkah cepat, dimana Dewan Pengurus Pusat (DPP) memanggil anggota Dewan Pengurus Tetap Wilayah (DPTW) untuk melaksanakan rapat dan menghasilkan formula kepengurusan.

“Jadi, PKS Papua Barat Daya ini termasuk partai terdepan dalam menyambung tahun pemilu. InsyaAllah akan ada peresmian kantor DPTW PKS Papua Barat Daya dan pelantikan pengurus DPTW yang akan menaungi 5 kabupaten dan 1 Kota,” terangnya.

Lebih lanjut, disebutkannya PKS Papua Barat akan melaksanakan pelantikan di Sorong yang akan direncanakan digelar pada tanggal 10 Februari 2023 mendatang, dan dihadiri langsung oleh Sekertaris Jenderal DPP PKS, Habib Aboe Bakar Al-Habsyi.

“Ini momentum bahwa PKS siap memenangkan pemilu 2024, terbukti kita termasuk yang awal melaksanakan pelantikan sekaligus telah menyiapkan kantornya sebagai tempat berkumpul dan konsolidasi dalam memenangkan pertarungan di 2024,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Papua Barat Daya, Syaiful Maliki Arief ditempat yang sama mengatakan bahwa pelantikan yang akan digelar nantinya, PKS tak hanya melantik pengurus DPTW, namun PKS akan melaksanakan pelantikan Dewan Pakar dan Dewan Penasehat, sekaligus dilaksanakan launching BCAD (Bakal Calon Anggota Dewan) yang akan diusung PKS dalam pesta demokrasi 2024 mendatang.

“Kita sebenarnya bukan pengurus baru ya, kita adalah pengurus lama yang nantinya akan berganti menyesuaikan diri dengan terbentuknya Provinsi baru. Sebenarnya kami sudah siap menghadapi pemilu 2024, namun kami sedikit melakukan revisi diantara Provinsi Papua Barat dengan Papua Barat Daya, sehingga kedepannya pada tanggal 10 Februari 2023, dilantik juga Dewan Penasehat dan Dewan Pakar yang terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat yang ahli dibidangnya,” tegasnya.

Selanjutnya, menanggapi terkait bakal calon anggota dewan yang akan diusung Partai Keadilan Sejahtera dalam pesta demokrasi 2024 mendatang, PKS siap mengusung bakal calon anggota dewan dari kaum perempuan maupun milenial dan menargetkan lebih dari 30 persen.

“Sesuai dengan arahan pusat, perempuan itu pasti diusung, karena itu aturan KPU, minimal 30 persen harus ada caleg perempuan, itu adalah kewajiban masing-masing partai politik, biasanya untuk PKS akan mengusung lebih dari itu. Kemudian, untuk milenial juga PKS konsen dan akan kami kenalkan dan kami masukkan dalam BCAD PKS, karena kita ketahui bahwa milenial ini sangat signifikan, kita juga menggarap hal ini,” ucapnya.

Tak hanya itu, disampaikannya bahwa PKS pun menargetkan minimal 15 persen kursi DPR pada pesta demokrasi di 2024 mendatang.

“Kami secara pusat menargetkan 15 persen setelah penetapan pengurus, kami akan rapat lagi untuk menentukan target lokal. Waktu di Papua Barat kami sudah menentukan, tapi ini berubah ya, dapil Provinsi berubah, kita diharuskan untuk menyesuaikan dapil, nanti pengurus baru menentukan target untuk tingkat provinsi mampu berapa, akan tetapi tidak kurang dari 15 persen masing-masing dapil,” bebernya.

Berdasarkan data yang dihimpun Sorongnews.com, sesuai dengan SK DPP PKS Nomor : 332.TW/SKEP/DPP-PKS/2023 pada tanggal 4 Januari 2023, susunan kepengurusan Anggota Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah (DPTW) Provinsi Papua Barat Daya sebagai berikut:

a. Majelis Pertimbangan Wilayah

Ketua: Muhammad Taslim

Sekretaris: Syahrir N

b. Dewan Pengurus Wilayah

Ketua: Syaiful Maliki Arief

Sekretaris: Hernawan

Bendahara: Efian Gunari

Ketua Bidang Kaderisasi: Kandhi Tilwidani Renleeuw

c. Dewan Syariah Wilayah

Ketua: Iswanto Jawas

Sekretaris: Jumani.

 

“Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera lewat keputusannya telah memutuskan membentuk Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah PKS Provinsi Papua Barat Daya. Kalau di PKS, Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah ini terdiri dari 8 orang yang merupakan Majelis Syuro yang akan menentukan ataupun mengusulkan kepengurusan ditingkat Dewan Pimpinan Wilayah,” tandasnya. (Jharu)

Komentar