Gokil, 123 Starter Roadrace Gubernur Cup Papua Selatan Cicip Sirkuit Waninggap Sai Gautak Merauke

MERAUKE, PAPUA SELATAN – Sebanyak 123 starter memeriahkan kejuaraan Gubernur Cup Papua Selatan 2023 yang digelar selama 2 hari mulai Sabtu (2/12/23) sampai Minggu (3/12/23).

Ratusan pebalap motor tersebut mencicip sirkuit Freegeb Waninggap Sai Gautak, Kebun Coklat (Keco), Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua Selatan.

Pantauan Sorongnews.com, Penjabat Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo diwakili Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua Selatan, Soleman Jambormias didampingi Ketua Umum IMI Provinsi Papua Selatan, Risson Ronald Sialla, Ketua Panitia pelaksana kejuaraan gubernur cup Papua Selatan championship 2023, Gerson A.F Silubun dan Forkopimda membuka secara resmi kejuaraan Gubernur Cup Papua Selatan Championship 2023 di sirkuit Keco Merauke, Sabtu (2/12/23).

Perhelatan akbar yang diselenggarakan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Papua Selatan tersebut berlangsung sukses dan berhasil merebut hati penonton.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua Selatan, Soleman Jambormias dalam sambutannya mengapresiasi IMI Provinsi Papua Selatan dibawah kepemimpinan Risson Ronald Sialla yang sukses menggelar kejuaraan gubernur hingga diikuti oleh pebalap lokal maupun dari luar daerah.

“Semoga road race ini berjalan dengan baik dan menjadi tontonan yang menarik bagi masyarakat,” ujar Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Selatan.

“Mudah-mudahan, dibawah kepemimpinan Bapak Risson, IMI Provinsi Papua Selatan semakin maju dan kedepan bisa melaksanakan kejurnas balap motor di Papua Selatan,” lugasnya.

Soleman Jambornias menyampaikan, KONI akan mendukung seluruh kegiatan yang dihelat IMI Provinsi Papua Selatan.

“Semoga ini membawa yang terbaik bagi mereka yang memiliki hobby khusus dalam meraih juara. Paling utama kedepankan sportifitas, harus bisa menerima kekalahan dan berhasil sebagai juara,” pesannya.

Sementara itu, Ketua IMI Provinsi Papua Selatan, Risson Ronald Sialla saat dikonfirmasi Sorongnews.com menjelaskan, kejuaraan gubernur cup Papua Selatan championship dalam rangka memeriahkan HUT ke-1 Provinsi Papua Selatan diikuti 123 starter dari pebalap lokal Papua Selatan dan luar daerah antara lain: Jayapura (Papua), Papua Barat, Makassar (Sulawesi Selatan), Jawa Tengah, dan DKI Jakarta.

“Harapannya, iven ini dapat terselenggara dengan baik, menjunjung tinggi sportivitas dan mendapatkan bibit-bibit pembalap Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII 2028,” tuturnya.

Risson Ronald menjelaskan, panitia menyiapkan sebanyak 22 paddock yang sudah tersedia di sirkuit Waninggap Sai Gautak dan menambah paddock terop bagi seluruh peserta.

Ditanya tentang tantangan yang disampaikan oleh Kadispora PPS agar IMI Papua Selatan bisa menggelar kejuaraan nasional (kejurnas) balap motor, Risson mengungkapkan, tentu melalui perjalanan yang panjang dan berkoordinasi dengan IMI Pusat maupun sejumlah Pengprov.

“Standar sirkuit di Provinsi Papua Selatan sudah layak. Kita pasti bisa selenggarakan kejurnas di Merauke. Namun harus berkoordinasi dengan IMI Pusat dan pengprov-pengprov IMI beberapa provinsi,” tegasnya.

Adapun kelas yang dipertandingkan meliputi bebek 4 tak 150 cc TU Mix (MP1), bebek A Tak 130 cc TU (EX MP2), bebek 2 tak 125 cc STD. Kelas se-Tanah Papua meliputi matic 130 cc TU, bebek 4 tak 130 cc TU (EX MP2), bebek 2 tak 125 cc STD, bebek 2 tak 116 cc STD, sport 2 tak 135 cc STD campuran, sport 2 tak 150 cc STD, sport 2 tak 135 cc (OMR King).

Kelas lokal Papua Selatan meliputi bebek 4 tak 150 cc motor ex PON (20 tahun) non prestasi, bebek 2 tak 116 cc STD (20 Th) non prestasi, ex rider sport 2 tak 150 cc (UP-35), dan komunitas moge 150-250 cc full fairing.

Para pebalap akan berupaya meraih juara umum dan masing-masing 4 kelas yang diperlombakan bisa membawa pulang hadiah berupa 3 unit motor untuk kelas open, kelas se-tanah Papua dan kelas lokal Papua Selatan serta uang tunai Rp 10 juta untuk kelas U20 Papua Selatan. (Hidayatillah)

___ __ ___

Komentar