FKPM Bentukan Aipda Irwan Dikukuhkan Kapolresta, Harap Kerjasama Warga dan Polisi

SORONG,- Kapolres Sorong Kota AKBP Johannes Kindangen melantik Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) di pantai wisata panorama Kelurahan Tanjung Kasuari Distrik Maladumes Kota Sorong Provinsi Papua Barat, Selasa (22/11/22).

FKPM adalah wahana komunikasi atau kerjasama yang dibangun antara masyarakat dengan polisi yang bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah kehidupan masyarakat, yang dibina oleh Bhabinkamtibmas masing masing Kelurahan di Kota Sorong.

“Kegiatan seperti ini dapat ditularkan atau sebagai contoh untuk kelurahan-kelurahan yang lain, dengan terbentuknya dan dikukuhkannya FKPM di Kelurahan Tanjung Kasuari, semua anggota FKPM mengambil peran masing-masing sehingga situasi keamanan menjadi kondusif,” ujar Kapolres.

Peran penting FKPM menjadi tahap awal mediasi apabila ada permasalahan di lingkungan sehingga tidak perlu semua masalah dilaporkan ke pihak Kepolisian.

“FKPM ini sangat berguna, jadi apabila ada masalah yang dapat diselesaikan di lingkungan panggil FKPM, panggil Bhabinkamtibmas, duduk bersama dan mencari solusi,”lanjutnya.

Sebanyak 27 orang anggota FKPM Kelurahan Tanjung Kasuari dibawah ketua Mathius Fakdawer dikukuhkan oleh Kapolres Sorong Kota AKBP Johannes Kindangen didampingi oleh Kepala Penanggulangan Bencana Alam Kota Sorong Herlin Sasabone Kadispora Kota Sorong Fanik Tehupiory, Kepala Distrik Maladum Mes, Kepala Puskesmas Kelurahan Tanjung Kasuari, Para Lurah di Distrik Maladum Mes, Kasat Binmas Polres Sorong Kota Iptu Priskilla Sangkek, Kapolsek Sorong Barat Iptu I Nyoman Sumadi dan Perwakilan dari Dinas Pemberdayaan perempuan Kota Sorong

Aipda Irwan Suryanto sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Tanjung Kasuari sangat bersyukur dan bangga FKPM di wilayahnya dapat dikukuhkan langsung oleh Kapolres Sorong Kota.

“Jarak wilayah kami cukup jauh dari Polsek, tapi kami yakin dan optimis dengan adanya FKPM ini kalau ada masalah tidak usah ke Polsek kita selesaikan dengan musyawarah disini saja,” jelas Aipda Irwan.

Sehingga Ia berharap dengan adanya FKPM dapat meminimalisir masalah atau kejadian membesar dapat dimusyawarahkan di lingkungan terlebih dahulu. (Mewa)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar