Jaga Situasi Kamtibmas, Forum Lintas Suku dan Nusantara Deklarasi Damai

SORONG, PBD- Guna menjaga situasi Kamtibmas di Wilayah Kota Sorong Provinsi Papua Barat Daya, Forum Lintas Suku Asli Papua dan Nusantara menggelar deklarasi damai, Sabtu (30/12/23).

Deklarasi yang berlangsung di Polresta Sorong Kota ini dipimpin langsung oleh Kapolres Happy Perdana, dengan didampingi Kepala Suku Asli Papua Provinsi Papua Barat Daya Ellyas Yumte.

Menurut keterangan perwakilan Anggota Forum Lintas Suku Maklon Maniburi, guna menepis dinamika yang terjadi di Papua sari lintas suku bersama nusantara sama-sama lakukan deklarasi damai agar tetap menjaga situasi Kamtibmas.

“Kami siap sama-sama mendukung tugas-tugas dari pihak kepolisian, dalam waktu dekat kami juga berkomitmen akan membuat suatu deklarasi khusus di bulan Januari tahun 2024,” ujar Maklon Maniburi.

Katanya, tentu kami akan melibatkan semua rekan-rekan lintas suku sampai dengan nusantara atas deklarasi khusus tersebut.

“Oleh sebab itu yang paling utama kami harapkan ialah tetap jaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kota Sorong terkhusus Provinsi Papua Barat Daya,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Forum Pengawal Perjuangan Rakyat (Fopera) Provinsi Papua Barat Daya, Yanto Ijie, yang turut hadir dalam deklarasi juga menyatakan dukungan penuh terhadap pihak kepolisian guna menjaga situasi Kamtibmas.

“Kami diundang oleh lintas suku dan Kapolres guna membahas dinamika dan situasi yang sedang terjadi di Papua dan juga menjaga Kamtibmas di wilayah Kota Sorong,” ungkapnya.

Jelasnya, Fopera memberikan dukungan penuh kepada pihak kepolisian untuk kita bersama-sama menjaga keamanan sampai dengan kehidupan masyarakat yang penuh dengan damai.

“Tidak hanya itu kami pun akan bersama-sama menjaga bahkan melindungi generasi muda Indonesia yang ada di Provinsi Papua Barat Daya khususnya di kota Sorong,” tandasnya.

Lanjutnya, sekaligus untuk memerangi miras dan narkoba sehingga inilah yang menjadi tujuan pertemuan di Polres Sorong kota, terkait deklarasi khusus akan dibawah sorotan KO NKRI SA NKRI Papua Barat Daya Cinta Damai.

Sementara, Kapolres Sorong Kota Kombes Pol Happy Perdana, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas semua dukungan lintas suku sampai dengan nusantara sebab telah memberi dukungan penuh agar bersama jaga kesatuan NKRI.

Turut hadir dalam deklarasi Ikatan Keluarga Sulawesi Utara, Perwakilan Suku Moi, Sulawesi Selatan, Maluku dan KNPI. (Mewa)

___

Komentar