oleh

Diguyur Hujan, KS Armada III Sampaikan Pesan KSAL Yudo Margono : Hari Istimewa dan Bersejarah

SORONG, – Sejarah Pertama bagi TNI AL, karena dapat merayakan Hari Armada Tahun 2022 terpusat di Armada I Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Dimana Sultan Mahmud Riayat Syah dan Raja Haji Fisabilillah membangun dan mengerahkan armada laut yang tangguh guna mengusir penjajah dari bumi pertiwi silam. Demikian disampaikan Kepala Staf Armada III Laksamana Pertama TNI Rudi Aviantara pimpin upacara peringatan Hari Armada di Mako Armada III, Katapop, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Senin (5/12/22).

Meski diguyur hujan, upacara peringatan Hari Armada dilaksanakan dengan penuh hikmat diikuti sejumlah peleton satuan TNI AL, mulai dari perwira, Korps Wanita TNI AL (Kowal), Marinir, Kopaska dan PNS TNI AL, serta tamu undangan.

“Hari Armada Tahun ini tidak hanya istimewa dan bersejarah, namun juga memiliki nilai strategis dengan resminya perpindahan Mako Koarmada I beserta satuan jajaran dari Jakarta ke Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Hal ini merupakan bentuk kepekaan TNI Angkatan Laut terhadap dinamika lingkungan yang terus berubah dan berkembang,” lanjut KS Armada III membacakan pesan Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Adapun Tema Hari Armada kali ini adalah Komando armada siap mengawal samudera nusantara untuk mendukung Indonesia pulih lebih Cepat, bangkit lebih kuat. Sehingga peringatan hari Armada tahun ini merupakan momentum bagi segenap jajaran TNI AL khususnya Armada RI, untuk merefleksikan diri Serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanan tugas dan hasil yang dicapai.

Sementara itu, ditemui terpisah KS Armada III, mengatakan bahwa untuk wilayah kerja Armada III yang meliputi Pulau Papua, Maluku, Maluku Utara turut menjaga pertahanan laut dan bertanggung jawab menjaga keamanan laut khususnya di daerah perbatasan seperti perbatasa RI – Papua Nugini, RI-Timor Leste, RI – Pelauw Pasifik.

Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa 3 minggu lalu telah dilakukan pengamanan bersama dengan Royal Australia Navy dengan prajurit TNI AL Armada III, serta kerjasama dan sinergitas antara TNI Polri dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Pada kesempatan tersebut, tamu undangan juga diperlihatkan aksi defile dari prajurit kebanggan TNI AL, beladiri dari Pasmar 3 dan Sailing pass yang diikuti 3 KRI yaitu KRI Tatihu-853, KRI Posepa-870, KRI Gulamah-869, KRI Layaran-854,  KRI Madidihang-855, 1 KAL yaitu KAL Wayag II-14-10 dan Kapal milik Basarnas yaitu KN Baladewa, Kapal Milik KPLP, Kapal milik Bea Cukai serta G7, RHIB KRI, Ambulance Boat dan LCVP dari KRI WSH-991.

Perlu diketahui bahwa sejarah Hari Armada dimulai pada awal periode perang kemerdekaan. Saat itu, kekuatan Armada masih berupa kapal-kapal kayu dan perahu dengan persenjataan yang sangat sederhana.  Dalam masa penugasan mempertahankan kemerdekaan Armada Rl telah berhasil melaksanakan berbagai operasi di laut.

Sejak pengakuan kedaulatan NKRI, Armada RI secara bertahap mulai menambah kekuatannya dengan menerima penyerahan kapal dari Belanda dan pengadaan dari negara-negara lain. Dengan kekuatan yang ada ini, Armada Rl telah berperan dalam penumpasan berbagai pemberontakan di tanah air, seperti pemberontakan Andi Azis, RMS, DI/TII dan PRRI Permesta.

Selanjutnya kekuatan laut sebagai suatu Armada berdasarkan Surat Keputusan Kasal No A 4/2/10 tanggal 14 September 1959 dikukuhkan menjadi Komando Armada RI dan diresmikan tanggal 5 Desember 1959. Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Kasal No. Skep / 4033 / Xl / 1987/ tanggal 17 Nopember 1987, bahwa hari lahirnya Armada Rl ditetapkan pada tanggal 5 Desember, yang untuk selanjutnya disebut sebagai Hari Armada.

Kepada Media, Kadispen Armada III, Kolonel Laut Doni Kundrat mengatakan bahwa dalam rangkaian Memperingati Hari Armada Tahun 2022 telah dilaksanakan lomba foto antar prajurit TNI AL wilayah Armada III, Lomba Menggambar dan mewarnai, bertepatan dengan Hari Armada, Lomba dayung, Fun Run yang akan dilaksanakan pada 10 Desember, Roadbike Open Race Goku Sorong (11/12), Lomba Mancing (17-18/12) dan renang antar Pulau Doom (17-18/12).

Hadir dalam peringatan tersebut, Kasdam Kasuari, Wakapolda Papua Barat, Danpasmar 3, Komandan Lantamal wilayah Armada III, Pj Wali Kota Sorong, Danrem 181 PVT, Kepala Basarnas dan tamu undangan lainnya. (Oke)

Komentar