Akibat Isu Bantuan Dari Gubernur, Warga Serbu Disnaker Kota Sorong

“Mereka (warga) yang datang ini dengar kabar kalau di Disnaker Kabupaten ada pendataan. Makanya mereka datang kesini. Jadi ya kami hanya terima saja berkas mereka sambil menunggu petunjuk dari provinsi,” ujar Dorlince.

Wakil Ketua Lembaga Adat Perempuan Papua Asli (Lapepa), Wemi Duaramury didampingi sejumlah pengurus lainnya mengatakan bahwa keberadaan mereka di Disnaker untuk membantu Sekretaris Disnaker yang adalah Perempuan Asli Papua karena bekerja sendiri dan harus melayani ratusan warga. Selain itu, kehadiran Lapepa untuk mengamankan Mama-Mama Papua yang datang membawa berkas untuk mempertanyakan hak mereka terhadap bantuan Yayasan Tangan Kasih.

___

Ia juga menambahkan jika kurangnya informasi dapat menyebabkan kekacauan seperti hari ini.

“Kami memgamankan ibu sek, karena dia sendiri dan Kami berusaha menenangkan mama-mama Papua yang datang bawa berkas. Karena seluruh Bank tidak ada mereka punya nama-nama. Ini jelas bukan otoritas Kami, jadi Kami hanya amankan sebagai nama lembaga,” ujar Wemi.

“Informasi sangat kurang, Kami harap kepada yang terkait untuk turun kebawah harus yang baik supaya warga juga terima dengan baik. Kalau tidak baik maka pasti bersuara, dia punya hak dan membela diri. Tidak bisa larang mereka karena itu mereka punya hak,” kritik Wemi.

___ ___

Komentar