759 PPS se-Kabupaten Sorong Resmi Dilantik, Diminta Jaga Integritas

KABUPATEN SORONG, PBD – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sorong secara resmi melantik 759 Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Sorong bertempat di Aimas Hotel and Convention Centre, Minggu (27/5/24).

Sebanyak 759 PPS itu dilantik secara langsung oleh Ketua KPU Frengki Duwith dan akan ditugaskan dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sorong.

__ ___

Ketua KPU Kabupaten Sorong, Frengki Duwith menuturkan bahwa, dengan dilantiknya PPS ini, maka dengan demikian PPS harus siap menjalankan tugasnya di masing-masing wilayah di Kabupaten Sorong.

“PPS yang dilantik harus menjalankan tugasnya dengan baik. Dari 253 Kelurahan/Kampung yang ada di Kabupaten Sorong, maka jumlah kebutuhan PPS di Kabupaten Sorong ini berjumlah 759 PPS,” tutur Ketua KPU Kabupaten Sorong, Frengki Duwith.

Lebih lanjut, diakuinya bahwa, pelantikan PPS ini dalam rangka melengkapi badan Adhoc, dimana sebelumnya KPU telah melantik anggota PPD dan dilanjutkan dengan PPS, sehingga selanjutnya akan dipersiapkan untuk perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Diakuinya, untuk jumlah TPS di Kabupaten Sorong yang semula pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu berjumlah 520 TPS, namun dalam Pilkada jumlahnya berkurang, karena ada perampingan menjadi sekitar 400 TPS.

“Perlu untuk diketahui jumlah TPS pada Pilkada besok sudah tidak lagi sebanyak 520 TPS, karena akan ada perampingan TPS. Perampingan itu berpengaruh pada jumlah pemilih pada setiap TPS, dari semula sekitar 300 pemilih menjadi 600-an pemilih disetiap TPS-nya,”ujarnya.

Frengki menyebut, dari jumlah pemilih pada Pemilu kemarin yang terdapat 300 pemilih kini di Pilkada besok terdapat 600 pemilih di satu TPS.

Pada kesempatan yang sama, dirinya berpesan kepada seluruh anggota PPS yang telah dilantik itu agar senantiasa menjaga integritas, serta menjalankan tugas serta tanggungjawab dengan jujur dan penuh komitmen.

“Kami berharap PPS ini dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik, serta jangan terlibat dalam urusan atau kepentingan lain, fokus untuk menjalankan tugasnya, agar pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Sorong bisa berjalan dengan aman damai dan lancar,” tandasnya.

Tampak hadir dalam pelaksanaan pelantikan PPS itu diantaranya, Kepala Kesbangpol Kabupaten Sorong Adri B. Timban, Ketua DPRD Kabupaten Sorong Habel Yadanfle, Wakapolres Sorong Kompol Emmy Fenitiruma, Ketua Bawaslu Kabupaten Sorong Agustinus Simson Naa, Forkompinda di lingkup Pemerintahan Kabupaten Sorong, tokoh agama, tokoh adat hingga tokoh masyarakat lainnya. (Jharu)

___ __ ___ ___

Komentar