oleh

Timsel Bawaslu Lakukan Sosialisasi Tahapan Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu PB

SORONG, – Tim seleksi calon anggota Bawaslu Provinsi Papua Barat melakukan sosialisasi tahapan dan jadwal pendaftaran calon anggota Bawaslu provinsi Papua Barat kepada sejumlah organisasi kepemudaan dan Ormas se Sorong Raya di aula IAIN Sorong, Papua Barat, Rabu (22/6/22).

Ketua Timsel, Hasan Makasar dalam sambutannya mengungkapkan bahwa sejak ditetapkan oleh surat keputusan Pemerintah, telah mulai bekerja sejak 13 Juni 2022 lalu. Dimana kegiatan yang telah dilakukan Timsel adalah membuka pengumuman pendaftaran dan sosialisasi di Kabupaten Manokwari dengan melakukan jumpa pers, podcast dan informasi melalui saluran RRI Manokwari.

Dikatakan oleh Hasan bahwa sosialisasi perlu disampaikan agar bisa tersampaikan kepada semua lapisan masyrakat, sehingga tingkat partisipasi semua elemen masyarakat dapat terpenuhi.

“Dengan adanya partisipasi masyarakat yang potensial, turut serta membangun iklim demokrasi yang lebih baik. Siapa yang bisa lolos dan berkesempatan, Siapa yang bertahan sesuai kompetensi dan tahapan-tahapan, kalau tidak lolospun sudah turut mengawal proses demokrasi,” ujar Hasan.

Ia pun berharap dengan sosialisasi yang dilakukan Timsel dapat berseinergi dengan elemen masyarakat sehingga dapat melahirkan calon anggota Bawaslu yang kredibel, akuntabel dan kredebilitas.

Ditambahkan oleh Anggota Timsel lainnya, DR.Hamzah yang juga menjabat sebagai Rektor IAIN Sorong bahwa Timsel bertugas melakukan sosialisasi kepada kantong-kantong potensial, seperti OKP Cipayung, Dosen, Media, Ormas yang memiliki potensi, sehingga Timsel perlu melakukan pemetaan.

“Semakin banyak pendapat, peluang pencarian bisa menjadi kenyataan, kalau sedikit yang daftar, akan menjadi masalah, oleh Karena itu, kami buka seluas-luasnya dan ikut berpartisipasi dalam hal pendaftaran. Tugas kami Timsel adalah memfasilitasi warga untuk memperoleh haknya, Kami periksa berkasnya, apakah sesuai standar yang ditetapkan, berkasnya lengkap atau tidak, kemudian tahapan selanjutnya yaitu ujian tertulis melalui CAT, tes psikologi, Kesehatan dan wawancara,” imbuh Hamzah.

Selanjutnya, sekretaris Timsel, Alwiyah Sakti bahwa sosialisasi telah dilakukan sejak 13 Juni, pendaftaran sejak 20 Juni hingga 30 Juni, perbaikan berkas 30 Juni sampai 5 Juli, kemudian akan dilakukan verifikasi berkas dan Timsel dipercayakan untuk mencari berkas sebanyak 210 yang akan diverifikasi pada 13 Juli, kemudian persiapan Calon anggota Bawaslu akan melakukan tes tertulis, tes psikologi dan pengumuman hasi tes tertulis dan psikologi pada 25 Juli dan tanggapan masyarakat selama 4 Hari mulai 25 Juli sampai 29 Juli. Serta tahapan lanjutan lainnya. (Oke)

Komentar