Temuan Bawaslu : Oknum Panwaslu Distrik di Sorong Diduga Ikut Daftar Bacaleg

SORONG, PBD – Pendaftaran Bacaleg yang diusung masing-masing Parpol resmi berakhir, 14 Mei 2023, lalu. Dalam pendaftaran bacaleg di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sorong, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sorong menemukan indikasi dugaan pelanggaran yang terjadi saat pendaftaran bacaleg untuk memperebutkan kursi legislatif di DPRD Kabupaten Sorong.

“Pelanggan pemilu itu bisa dari hasil temuan, berarti pengawasan aktif langsung dari pengawas pemilu. Berdasarkan pengawasan, kami menemukan dugaan oknum Panwaslu Distrik, yang namanya masuk sebagai bacaleg di salah satu Parpol terkait,” ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Sorong, Regina Gembenop, saat ditemui Sorongnews.com, di ruang kerjanya, di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Selasa siang (16/5/23).

Dikatakannya bahwa, pelanggaran pemilu yang terjadi saat proses pendaftaran Bacaleg, kedepannya akan melewati proses konfirmasi kebenarannya terlebih dahulu, sehingga dapat ditetapkan hukum sesuai aturan yang berlaku.

“Kami tentunya menunggu rapat pleno terlebih dahulu, agar dapat menentukan jenis pelanggaran yang terjadi, apakah ini termasuk pelanggaran administrasi atau pidana,” terangnya.

Lebih lanjut, disampaikannya bahwa, dengan adanya indikasi dugaan oknum Panwaslu yang namanya tercantum dalam daftar Bacaleg, pihaknya akan memanggil oknum tersebut dan memasukkan indikasi dugaan pelanggaran itu dalam mekanisme dugaan pelanggaran pemilu.

“Kami akan memasukkan ini pada mekanisme penanganan dugaan pelanggaran pemilu, kami akan cek terlebih dahulu administrasinya, apakah betul dari bersangkutan (oknum Panwaslu) ikut mendaftarkan diri sebagai bacaleg atau tidak, atau hanya dicatut parpol terkait, dan tentunya Parpol terkait akan dipanggil,” sebutnya dengan penuh keramahan kepada Sorongnews.com.

Ditambah Regina, pihaknya akan terus menerus berkomitmen dalam memantau dan melakukan pengawasan terhadap pelanggaran yang sewaktu-waktu dapat terjadi pada jalannya tahapan pemilu. (Jharu)

____

Komentar