Pj Gubernur Jadi Khatib Idul Fitri di Pantai Reklamasi Kota Sorong, Tekankan 3 Hal Ini

SORONG, PBD – Pj Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musaad bersama keluarga besarnya terlihat mengikuti salat Idul Fitri di Pantai Reklamasi Kota Sorong Papua Barat Daya, Rabu (10/4/24).

Kedatangan Pj Gubernur itu disambut dendang rebana oleh Remaja Masjid Nurul Bahar dan beberapa menit kemudian dilaksanakan salat Idul Fitri yang di Imami oleh Imam Masjid Nurul Bahar, Ustad Ibnu.

Pj Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musaad membawakan khutbah bertemakan Revitalisasi umatan wahidah.

Ia mengatakan bahwa momentum 1 Syawal 1445 H sebagai momentum untuk mempererat hubungan muslim dengan Allah SWT (hablulminallah) melalui peningkatan aktualisasi iman dan taqwa muslim kepadaNya sekaligus menetapkan hubungan antara muslim sebagai sesama manusia (hablulminannas) dalam bentuk mengaktualisasikan ukhuwah islamiyah (persaudaraan sesama umat muslim) serta ukhuwah wathoniyah (persaudaraan dalam ikatan kebangsaan atas bangsa) dan ukhuwah bersyariah (persaudaraan sesama manusia).

“Melalui pendekatan ini dan dengan semboyan kitorang kuat karena torang satu maka Yakinlah kita akan memiliki kemampuan mewujudkan Papua Barat Daya sebagai tanah damai sebagai modal untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan bersama kita yaitu Papua berdaya yang mandiri adil dan sejahtera melalui Papua Barat Daya sehat, Papua barat berdaya dan Papua Barat Daya produktif,” ujar Musaad.

Oleh karena itu untuk mewujudkan komitmen tersebut maka diperlukan kemampuan setiap individu muslim untuk mengaktualisasikan 3 agenda yaitu reformasi spiritual, reformasi intelektual dan Reformasi emosional.

“kita mampu mewujudkan umatan Wahidah yaitu semangat sebagai umat yang satu dalam kemajemukan. Dengan semangat umatan Wahidah dan dengan spirit Kitorang kuat karena torang satu Yakinlah bahwa setiap kita dapat berpartisipasi mengambil peran sesuai dengan talenta dan kemampuan kita masing-masing,” pesan Pj Gubernur.

PHBI Papua Barat Daya sebelumnya melaporkan bahwa ada 4 lokasi yang disiapkan Pemprov pbd yaitu Pantai Reklamasi, mako lantam XIB, kantor wali kota sorong dan halaman gor pancasila. (Oke)

___

Komentar