Pj Bupati Sorong Lepas Takbir Keliling Semarak Idul Fitri 1445 H

KABUPATEN SORONG, PBD – Ratusan kendaraan baik roda empat, mobil pickup, mobil truk hingga kendaraan roda dua ikut larut dalam pelepasan pawai takbir keliling menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H/2024, bertempat di Alun-alun kota Baru Aimas, kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Selasa malam (9/4/24).

Terlihat ratusan umat Islam dengan penuh suka cita dan begitu antusias ikut larut pada pelaksanaan takbir keliling dalam rangka menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri 1445 H yang diselenggarakan oleh Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) kabupaten Sorong bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong.

Pj Bupati Sorong, Edison Siagian didampingi Plh Sekda Kabupaten Sorong, Ketua PHBI Kabupaten Sorong, Kapolres Sorong, Forkompinda lingkup Kabupaten Sorong, tokoh agama hingga tokoh masyarakat secara resmi rombongan pawai takbir keliling, sekitar pukul 20.30 WIT.

“Minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin. Dengan ini saya melepas takbir keliling dalam rangka Idul Fitri 1445 H tahun 2024 di Kabupaten Sorong,” ucap Pj Bupati Sorong, Edison Siagian saat melepaskan peserta pawai takbir keliling Idul Fitri 1445 H sembari mengibarkan bendera start PHBI.

Usai mengibarkan bendera start PHBI Kabupaten Sorong oleh Pj Bupati Sorong, hal itu sebagai pertanda dimulainya pawai takbir keliling dalam rangka menyemarakkan hari kemenangan  Idul Fitri 1445 H, satu persatu kendaraan melewati tenda utama dan sesekali terlihat para peserta takbir keliling melambaikannya tangan sebagai tanda penghormatan kepada Bupati Sorong serta para pejabat lainnya yang berbeda dibawah tenda utama.

Terdengar dengan jelas dan lantang gema takbir yang terus menerus bersahut sahutan dalam rombongan pawai takbir keliling tersebut, baik dari sound sistem yang terpasang pada kendaraan roda empat, baik mobil pickup dan truk, hingga suara merdu yang digemakan oleh peserta pawai takbir keliling.

Rombongan pawai takbir keliling ini diketahui melewati sejumlah rute yang telah ditentukan oleh PHBI kabupaten Sorong, yakni dengan rute start dari Alun-alun Aimas, melewati Malawele, menyusuri Malasom, kemudian menuju ke arah Mariat Pantai dan Klasuluk, menuju kearah Mariyai dan juga Klamalu, belok kearah bundaran, menuju ke jalan baru hingga berakhir dan kembali kearah Alun-alun Aimas.

Berdasarkan pantauan Sorongnews.com dilapangan, untuk mengamankan situasi pawai takbir keliling agar aman dan kondunsif, 200 personel Polres Sorong dan jajaran diterjunkan ke titik rute yang dilewati kendaraan pawai takbir keliling, terlihat juga beberapa aparat TNI serta organisasi masyarakat serta kepemudaan turut ambil bagian dalam mengamankan pelaksanaan pawai takbir keliling 1445 H kali ini. (Jharu)

___

Komentar