Petrogas (Basin) Ltd. dan Petrogas (Island) Ltd. Lakukan Program Pengembangan Masyarakat dan Sosial di Kabsor Selama Ramadhan

KABUPATEN SORONG, PBD – Dalam bulan Ramadan ini, Petrogas (Basin) Ltd. melaksanakan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) Bidang Kesehatan di Kampung Klayili, Distrik Klayili, pada Sabtu (23/3) lalu.

Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sorong, kegiatan berupa pemeriksaan kesehatan ini dilakukan di Puskesmas Klayili, dengan menghadirkan dokter umum, dokter gigi, dokter anak, dokter THT, dokter penyakit dalam, serta dokter kandungan. Lebih dari 600 warga masyarakat hadir untuk memeriksakan kesehatannya. Selain melaksanakan pemeriksaan kesehatan, Petrogas (Basin) Ltd. juga menyampaikan dukungan bagi Puskesmas Klayili berupa alat pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, timbangan badan, serta obat-obatan lainnya yang diperlukan masyarakat.

Selain kegiatan PPM yang telah rutin dilaksanakan, Petrogas (Basin) Ltd. dan Petrogas (Island) Ltd. juga melakukan serangkaian kegiatan sosial di bulan Ramadan 1445H ini. Kegiatan pertama berupa pembagian paket sosial bagi masyarakat di sekitar operasional. Proses pendistribusiannya telah dilakukan bertahap sejak 26 Maret 2024 ke kampung-kampung pada Distrik Seget, Distrik Mayamuk, dan Distrik Aimas, yang masuk dalam Wilayah Kerja Kepala Burung. Kemudian di Distrik Salawati Selatan dan Distrik Salawati Tengah, yang masuk dalam Wilayah Kerja Salawati.

Field Operation Manager Petrogas (Basin) Ltd., Mustaman, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk terus menjaga hubungan harmonis dengan masyarakat di sekitar wilayah operasi, khususnya pada saat bulan suci ini. “Semoga dukungan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang hari raya”, jelasnya.

Masyarakat di sekitar wilayah operasional Petrogas (Basin) Ltd. dan Petrogas (Island) Ltd. sebagai penerima manfaat mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan yang telah diberikan. “Terima kasih dan kami bersyukur karena paketnya bermanfaat bagi masyarakat kampung,” ujar Sekretaris Kampung Arar, Distrik Mayamuk, M. Nur Mansamber. Imam Masjid Al’Ikhkas Kelurahan Klabinain, Distrik Aimas, Pasirun, juga menyampaikan hal senada. Menurutnya dukungan paket sosial yang disampaikan sangat bermanfaat bagi masyarakat menjelang hari raya.

Kegiatan sosial berikutnya berupa Safari Ramadan, dilakukan Petrogas (Basin) Ltd. dan Petrogas (Island) Ltd., bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) lain di wilayah Papua Barat Daya. Kegiatan ini diinisiasi oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat Daya, bekerja sama dengan Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku. Kegiatan Safari Ramadan dilaksanakan di Panti Asuhan Putra Putri Papua Muslim dan Panti Asuhan Putra Putri Muhammadiyah Kabupaten Sorong, Senin (1/4). Dukungan yang diberikan berupa paket sembako dan peralatan sekolah kepada anak-anak di kedua panti asuhan tersebut.

Field Operation Manager Petrogas (Island) Ltd., Ricky Tri Yuandi mengungkapkan bahwa Safari Ramadan ini merupakan contoh sinergi yang baik bersama SKK Migas, pemerintah Kabupaten Sorong, dan PWI Papua Barat Daya. “Sinergi yang baik untuk kami dalam memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya yang berada di sekitar wilayah operasi kami,” jelasnya.

RH Petrogas Ltd.  melalui anak perusahaannya, Petrogas (Basin) Ltd. bertindak sebagai operator Wilayah Kerja Kepala Burung dan Petrogas (Island) Ltd. sebagai operator Wilayah Kerja Salawati. Keduanya merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama yang dalam melaksanakan operasinya berada dalam pengawasan dan pengendalian SKK Migas. (**/Oke)

___

Komentar