Libur Lebaran, Hal Ini Menjadi Fokus Dispar se Papua Barat Daya

SORONG, PBD – Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi Papua Barat Daya, Yusdi N Lamatenggo menyambut antusias Libur lebaran yang efektif sejak 5 April hingga 15 April mendatang.

Ditemui usai menghadiri buka puasa bersama atlet PON XXI di kantor KONI PBD, Minggu (7/4/24). Sekretaris KONI PBD ini mengatakan bahwa pihaknya bersama Dinas Pariwisata se Papua Barat Daya telah menyepakati beberapa hal utama menyambut libur lebaran yang diprediksi meningkat baik oleh wisatawan asing maupun domestik.

1. Kenyamanan
Yusdi mengatakan kenyamanan ini berkaitan dengan lokasi wisata yang nyaman dan ramah untuk dikunjungi wisatawan. Baik dari kebersihan dan faktor nyaman lainnya.

2. Keamanan
Aspek keamanan ini menurut Yusi sangat penting mengingat keamanan menjadi faktor terbesar destinasi wisata bisa dikunjungi pengunjung tanpa rasa was-was. Untuk menciptakan keamanan ini, maka Ia mengimbau Dispar se PBD untuk menggandeng pihak keamanan, kepolisian, TNI, ormas untuk bersama menjaga keamanan di wilayah lokasi tujuan wisata.

3. Keselamatan

Terkait aspek keselamatan, Yusdi mengatakan semua objek wisata harus memiliki standar keselamatan. Termasuk penyedia transportasi menuju lokasi wisata. Hal ini juga telah berkordinasi dengan BMKG dan Basarnas untuk antisipasi terjadinya bencana yang tidak diharapkan selama libur lebaran.

“Kami juga sudah berkomunikasi dengan teman-teman dari BMKG untuk terus memantau cuaca di PBD selama 10 hari waktu libur lebaran ini. Kita juga ada meminta bantuan dari teman-teman Basarnas, bilamana jika ada hal-hal yang emergency atau yang membutuhkan segera dengan cepat kita minta untuk supaya sama-sama kita berkolaborasi untuk melakukan tindakan-tindakan yang dibutuhkan dalam rangka untuk melakukan penyelamatan,” terang Yusdi.

4. Ketersediaan Jaringan Seluler

Yusdi mengatakan bahwa wisatawan milenial saat ini selain membutuhkan ketiga hal sebelumnya juga membutuhkan ketersediaan jaringan seluler dan internet.

“Kami juga sudah berkomunikasi dengan teman-teman Telkomsel untuk memastikan bahwa jaringan telekomunikasi selama libur lebaran itu normal, aman, stabil dan bisa menjangkau terutama tempat-tempat yang memang sudah punya BTS. Nah kita berharap Telkomsel bisa memastikan bahwa seluruh jaringan telekomunikasi di spot wisata tidak ada gangguan,” ujar Yusdi.

Ia pun memastikan bahwa pergerakan wisatawan ke Papua Barat Daya, baik wisatawan asing maupun domestik, aman dan nyaman tidak ada kendala apapun juga. (Oke)

___

Komentar