Pangkoarmada III Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Trisila 24, Ini Rute dan Kegiatannya

KABUPATEN SORONG, PBD – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Trisila-24 yang dilaksanakan di Dermaga Koarmada III, Katapop, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (25/4/24).

Dikatakan Pangkoarmada III, Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan ini, guna mengetahui tingkat kesiapan dari unsur-unsur KRI, Pesawat Udara TNI AL, Pasukan Pendarat beserta kendaraan tempurnya, Pasukan Khusus TNI AL, Tenaga Kesehatan TNI AL dan Penerangan yang terlibat dalam Satuan Tugas (Satgas) Operasi Trisila Koarmada III.

___

Kesiapan tersebut meliputi pengertian serta pemahaman tugas dan tanggung jawab masing-masing unsur tugas maupun kesiapan teknis alutsista yang dilibatkan, sehingga pelaksanaan tahap manuver lapangan dapat terlaksana dengan baik, efektif dan efisien guna mencapai sasaran yang diinginkan, ungkap Pangkoarmada III.

Lebih dari itu Pangkoarmada III menjelaskan bahwa Tugas Pokok Satgas Operasi Trisila adalah untuk menjamin keamanan, melindungi kepentingan, serta mencegah dan menangani segala bentuk pelanggaran hukum, membina kemampuan tempur unsur-unsur (Sistem Senjata Armada Terpadu) SSAT dalam Gugus Tugas dan membina potensi maritim di daerah operasi.

Adapun Operasi ini akan di mulai dari Sorong menuju ke Manokwari, dan di Manokwari akan melaksanakan Latihan Pendaratan di Pantai Ransiki dan selanjutnya menuju ke Morotai, Ternate, Bacan, Timika dan berakhir kembali di Sorong.

Selama Lintas Laut (Linla) Satgas Trisila akan melaksanakan tugas penegakan hukum dan pengamanan terhadap para pengguna laut serta latihan-latihan dalam rangka meningkatkan profesionalisme Prajurit Matra Laut, kemudian pada saat sandar di Pangkalan, Satgas Trisila akan melaksanakan kegiatan seperti Bakti Sosial, Karya Bakti, Open Ship serta pameran Alutsista untuk meningkatkan rasa cinta terhadap TNI dan khususnya TNI AL.

Hadir pada kegiatan tersebut yaitu Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto, Inspektur Koarmada III Laksamana Pertama TNI Azil Sadagori Achmad, Komandan Lantamal XIV Sorong Laksamana Pertama TNI Deny Prasetyo, Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Sugianto, Danguspurla Koarmada III Laksamana Pertama TNI Wawan Trisatya Atmaja, dan Pejabat Utama Koarmada III, Komandan Satuan, dan Kasatker Koarmada III serta Pejabat Utama LantamalXIV dan Pasmar 3. (**/Oke)

___ ___

Komentar