Motivasi Pembayaran Pajak Kendaraan Berkurang, Ini Kata Kepala Samsat Sorong

SORONG,- Motivasi masyarakat Kota Sorong mulai berkurang dalam membayar pajak sejak tahun 2021 hingga saat ini, hal tersebut dikatakan Kepala UPT Samsat Kota Sorong, Sunaryo saat di jumpai di ruang kerjanya, di Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (12/05/22).

“Motivasi membayar pajak jauh sekali berkurang di mulai dari tahun 2021 kemarin, sangat luar biasa ya, mungkin karna belum melakukan evaluasi atau kewajiban dan tanggung jawabnya yang mengurang,” ungkapnya.

Ia mengakui dampak daripada virus COVID-19 melanda membuyarkan semangat masyarakat Kota Sorong dalam membayar pajak dan hal tersebut menjadi sebuah kendala dalam memberikan sosialisasi ke masyarakat karena ditakutkan dapat menimbulkan kerumunan, sehingga mereka berinisiatif untuk membagikan stiker wajib membayar pajak ke masyarakat, demi mengantisipasi penyebaran COVID-19 di Kota Sorong.

“Jadi kedepannya kami ada rencana untuk lakukan sosialisasi dan itu termasuk dalam program, agar bagaimana cara masyarakat bisa membayar pajak untuk meningkatkan pembangunan di seluruh Provinsi Papua Barat ini,” terangnya.

Sementara itu Sunaryo mengatakan biaya pembayaran pajak kendaraan sangat beragam, dapat dilihat dari jenis kendaraan dan tahun rakitannya.

“Jadi biaya pembayaran pajak kendaraan sangat beragam, bisa lihat dari jenis kendaraan dan tahun rakitan,” tandasnya.

Diakhir masa jabatannya Sunaryo mengimbau agar seluruh masyarakat Kota Sorong dan sekitarnya, bisa membayar pajak tepat waktu sehingga tidak mendapatkan sanksi begitu lama. Pasalnya dengan pajak tersebut dapat membantu membangun pembangunan Kota Sorong dan sekitarnya.

“Jadi kalau membangun tanpa adanya masyarakat pasti tidak bisa, terus siapa lagi yang membangun kalau bukan masyarakat melalui pembayaran pajak tadi,” pungkasnya. (Fatrab)

____

Komentar