Kunjungi Sorong, KND RI Bahas Pengarusutamaan Isu Disabilitas di Perguruan Tinggi Se-Sorong Raya

KABUPATEN SORONG, PBD – Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong menjalin Momerandum Of Understanding (MoU) dengan Komisi Nasional Disabilitas Republik Indonesia (KND RI) dalam rangka pengarusutamaan isu disabilitas.

Penandatanganan MoU itu dilaksanakan bertempat di Gedung Rektorat Unimuda Sorong, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Selasa siang (11/4/23).

___

Saat ditemui Sorongnews.com, Komisioner KND RI, Kikin P. Tarigan mengatakan bahwa, dengan dilakukannya penandatanganan MoU antara KND RI dengan Unimuda Sorong dan IAIN Sorong, sebagai upaya bersama pihaknya dalam pengarusutamaan isu disabilitas di Perguruan Tinggi.

“Kali ini kami melakukan penandatanganan antara Komisi Nasional Disabilitas dengan Unimuda Sorong. Kemudian, kami juga telah melakukan penandatanganan antara Komisi Nasional Disabilitas dengan IAIN Sorong. Intinya, pengarusutamaan isu disabilitas di perguruan tinggi, itu yang kami telah lakukan di dua kampus tadi,” kata Komisioner KND RI, Kikin P. Tarigan saat ditemui Sorongnews.com usai melakukan penandatanganan MoU, Selasa sore (11/4/23).

Lebih lanjut, dirinya mengharapkan Perguruan Tinggi yang terlibat dalam pengarusutamaan isu disabilitas, dapat mengikutsertakan tri dharma Perguruan Tingginya.

“Perguruan Tinggi yang terlibat dalam pengarusutamaan isu disabilitas, dapat mengikutsertakan tri dharma Perguruan Tingginya. Dimana, disitu ada pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat,” ungkapnya.

Selanjutnya, sebagai Komisioner KND RI, dirinya berharap kepada Perguruan Tinggi yang terlibat ini, dapat mendukung upaya yang dilakukan negara melalui Komisi Nasional Disabilitas dalam rangka melakukan evaluasi, monitoring dan advokasi terhadap penyandang disabilitas.

“Kami melakukan sosialisasi kepada kampus-kampus yang ada di Sorong Raya, ada lebih dari 5 kampus yang hadir, supaya teman-teman dari kampus paham, mengerti dan mau melakukan kerjasama, mau mendalami serta mau berpihak kepada penyandang disabilitas,” harapnya.

Kemudian, diterangkannya bahwa, dengan hadirnya Undang-Undang RI nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas, dunia Perguruan Tinggi disebutkannya sebenarnya diberikan mandat untuk pengarusutamaan terhadap penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas, terutama hak dalam memperoleh akses dunia pendidikan.

“Selain kewajiban, kampus menjadi aktor dalam pengarusutamaan tadi, itu yang kami lakukan,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kikin menambahkan bahwa, Komisi Nasional Disabilitas berkomitmen akan hadir sebagai mitra Perguruan Tinggi dalam hal pengarusutamaan peningkatan kapasitas pemahaman, membangun jejaring, termasuk tidak menutup kemungkinan memenuhi kebutuhan dari penyandang disabilitas itu sendiri.

“Tentu saja MoU ini bisa berlanjut, menjadi satu kerjasama yang lebih konkret (nyata),” lugasnya.

Berdasarkan pantauan Sorongnews.com, usai melakukan pertemuan dan penandatanganan MoU dengan Unimuda Sorong dan IAIN Sorong bertempat di Gedung Rektorat Unimuda Sorong, dilaksanakan juga sosialisasi kepada perwakilan Perguruan Tinggi Se-Sorong Raya.

Tak hanya itu, Komisi Nasional Disabilitas pun melakukan pertemuan bersama perwakilan mahasiswa Unimuda Sorong dalam rangka menyusun skema pembentukan komunitas peduli disabilitas.

“Ini sangat positif sekali, sehingga kerjasama itu tidak hanya menjadi kerjasama pihak Rektorat dengan KND, tetapi kerjasama civitas akademika Unimuda Sorong dengan KND secara keseluruhan, termasuk mahasiswanya,” tutup Komisioner KND RI, Kikin P. Tarigan saat menjawab pertanyaan wartawan Sorongnews.com terkait pertemuan KND RI bersama perwakilan mahasiswa Unimuda Sorong.

Usai melakukan pertemuan dengan KND RI, dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Pantauan Sorongnews.com, terlihat foto bersama ini dibagi menjadi dua sesi, yakni foto bersama antara KND RI dengan pimpinan maupun tenaga pendidik dimasing-masing Perguruan Tinggi se-Sorong Raya, serta foto bersama KND RI dengan perwakilan mahasiswa Unimuda Sorong. (Jharu)

___ ___

Komentar