oleh

KM Sabuk Nusantara Tabrak Reef di Raja Ampat

WAISAI – Kejadian kapal kandas pada terumbu karang diperairan laut Raja Ampat kembali terulang, kali ini sebuah kapal perintis KM. Sabuk Nusantara 62 dengan GT 1171 kandas pada Selasa (2/2/21).

Menurut keterangan masyarakat kampung Meosmanggara, kejadian kapal kandas tersebut terjadi sekitar jam 10 sampai jam 11 siang. Kapal perintis tersebut melalui rute rutin yang berangkat dari Sorong dengan muatan yang akan dibawa ke beberapa kampung disekitar wilayah Waigeo Barat.

Menurut mereka, kapal tersebut kandas diatas reef sebelah barat Pulau Yefmo, setelah bongkar muatan di kampung Meosmanggara dengan tujuan menuju kampung Waisilip untuk kegiatan yang sama.

Informasi yang dihimpun awak media, kejadian kapal perintis yang kandas akibat menabrak reef telah beberapa kali terjadi. Padahal telah ada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 617 Tahun 2017 tentang Penetapan Alur Pelayaran, Sistem Rute, Tata Cara Berlalu Lintas dan Daerah Labuh Kapal Sesuai dengan Kepentingannya di Alur Masuk Pelabuhan Waisai Pelabuhan Sorong dan Alur Perlintasan di Area Konservasi Selat Dampier, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Pihak KPPN Raja Ampat yang dikonfirmasi media ini belum bisa memberikan keterangan dengan alasan masih menunggu petunjuk dari Dirjen terkait. (Nna)

Komentar