Jalan Sehat Dinas Kesehatan P2KB Papua Barat Daya Banjir Hadiah

SORONG, PBD – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Papua Barat Daya menggelar kegiatan jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59, Sabtu (11/11/23).

Jalan sehat dibuka oleh Asisten III Pemprov Papua Barat Daya, Atika Rafika, M.Si di depan halaman kantor Dinkes P2KB. Terlihat Rafika bersama kepala Dinkes P2KB, Netty Howay, Kadis P2KP Absalom Solosa, Mantan Bupati Maybrat, Bernard Sagrim terlihat ikut jalan sehat bersama ratusan peserta.

Megambil rute start dari halaman Kantor Dinas Kesehatan P2KB PBD menuju Pasar Boswesen dan finish kembali di halaman Kantor Dinas Kesehatan P2KB PBD, dibanjiri puluhan hadiah doorprise. Yakni mulai dari kipas angin, dispenser, TV, kulkas, mesin cuci, handphone, sepeda sampai voucher menginap di beberapa hotel ternama yang ada di Kota Sorong.

Kepala Dinas Kesehatan, P2KB Provinsi Papua Barat Daya Naomi Netty Howay mengatakan, kegiatan jalan sehat yang dilaksanakan Dinkes P2KB PBD merupakan momen pertama sejak provinsi ini berdiri. Sehingga antusias seluruh aparatur sipil negara (ASN) serta tenaga kesehatan yang bertugas di seluruh puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kota dan Kabupaten Sorong cukup tinggi. Ditambah dengan tenaga non kesehatan misalnya dari BPJS Kesehatan dan beberapa instansi lainnya yang merupakan mitra kerja dari Dinas Kesehatan P2KB Papua Barat Daya.

“Kami bersyukur karena antusias dari teman-teman di kesehatan cukup besar. Tadi bisa dilihat dengan banyaknya orang yang hadir, ini juga menunjukkan bahwa teman-teman di kesehatan ini sudah jenuh dengan rutinitas mereka di pelayanan. Mulai dinas dari pagi sampai pagi lagi dan tidak ada waktu istirahat, tetapi dengan kegiatan-kegiatan seperti ini mereka bisa melepaskan jenuh dan refreshing bertemu dengan teman-teman,” ungkap Naomi.

Ia menambahkan bahwa melalui jalan sehat dapat memberikan motivasi kepada para tenaga kesehatan, agar bisa menyempatkan waktu untuk berolahraga ditengah kesibukan mereka dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Menurutnya, rangkaian peringatan HKN ke-59 akan dianjutkan dengan pengobatan gratis yang akan dilaksanakan di Klalin 6. Dimana sebelumnya akan diawali dengan ibadah bersama warga.

“Dalam pengobatan massal gratis yang dilaksanakan Minggu besok (12/11), kami akan menurunkan tiga dokter spesialis. Yaitu dokter spesialis penyakit dalam, spesialis anak dan spesialis kandungan. Selain itu, kami juga akan memberikan makanan tambahan dan juga ada penyuluhan kesehatan,” bebernya.

Sedangkan pada tanggal 13 November 2023, lanjutnya, akan dilaksanakan upacara.

“Semua rangkaian kegiatan yang kami lakukan dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional ke-59,” tutupnya.

Setelah jalan sehat, diisi berbagai kegiatan lomba hiburan yang membuat Nakes dan keluarganya melupakan sejenak rutinitas pekerjaan.

Terlihat keluarga besar Nakes terlihat bahagia saat nomor undiannya dibacakan oleh MC. Hadiah-hadiah menarik pun dibawa pulang dengan hati riang serta gembira. (Oke)

___ __ ___

Komentar