Berbagai Rangkaian Kegiatan Warnai Puncak Perayaan HKN ke 59 Tahun di Kota Sorong

SORONG, PBD- Berbagai jenis mata lomba berturut-turut dilaksanakan oleh Pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kota Sorong dalam rangka memeriahkan puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun.

Beberapa jenis mata lomba yang dilakukan antara lain Futsal Putri, Senam Peregangan Berciri Khas Papua, Tik-tok menyampaikan Informasi Kesehatan, Sekolah Sehat dan terakhir dihari puncak yaitu Pemberian Makanan Tambahan (PMT) lokal.

Berdasarkan informasi yang dihimpun sorongnews.com, melalui Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Kota Sorong, Benjamin Gefilem, kegiatan tersebut melibatkan semua layanan Puskesmas, Rumah Sakit beserta sejumlah Instansi terkait.

“Lomba-lomba ini bertujuan guna mengembalikan semangat rekan-rekan di layanan dengan bermacam aktivitas yang membawa mereka untuk refreshing,” ujar Kabid Kemas, saat ditemui dalam acara puncak HKN di lapangan Apel Kantor Walikota Sorong, Sabtu (11/11/23).

Beber Benyamin, lewat HKN ada pesan-pesan kesehatan yang secara tidak langsung telah tersampaikan seperti lomba futsal maupun peregangan bahwa aktifitas olahraga setiap hari harus terus kita lakukan.

“Lakukannya tidak hanya ditempat senam tetapi dimanapun berada sampai di tempat kita bekerja sisihkan 30 menit waktu untuk aktivitas fisik, semoga lomba-lomba tersebut dapat memotivasi rekan-rekan sekaligus masyarakat Kota Sorong agar tetap menjaga pola hidup sehat,” pungkas Gefilem yang juga selaku Ketua Panitia Lomba.

Ditempat sama Ketua TP-PKK Kota Sorong, Jemima Elisabeth Lobat, yang turut hadir sebagai juri lomba masak PMT menjelaskan kalau kehadiran PKK dikarenakan Dinkes Sorong adalah bagian dari mitra kerja.

“TP-PKK Sorong hadir semuanya baik ketua tim sampai pada anggotanya, mengapa demikian hal tersebut dikarenakan, kami adalah mitra kerja yang selalu berkolaborasi mendukung program pemerintah lewat Dinas Kesehatan melalui penurunan stunting,” ungkap Ketua TP-PKK Kota Sorong.

Salah satu kegiatan juga dilaksanakan pada hari ini adalah kegiatan lomba oleh masing-masing perwakilan puskesmas bersama kader posyandu menggunakan bahan lokal untuk pemberian makan tambahan (PMT).

Dirinya berharap, melalui lomba masak yang dilaksanakan hari ini agar tetap terus semangat dalam melakukan penanganan kasus stunting yang sementara masih tinggi di Kota Sorong terutama dalam hal pemberian makanan tambahan. (Mewa)

___ __ ___

Komentar