Edukasi PHBS, Dinkes PBD Gelar Tari Marina 6 Langkah Cuci Tangan

SORONG, PBD – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Papua Barat Daya menggelar kegiatan Lomba Senam Kreasi 6 Langkah Cuci Tangan, yang berlangsung di halaman Kantor di eks RSUD Kampung Baru Kota Sorong, Jumat (10/11/23).

Lomba Senam Kreasi Marina itu sekaligus edukasi 6 Langkah Cuci Tangan diikuti 9 tim yang terdiri dari para tenaga kesehatan yang bertugas di puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kota dan Kabupaten Sorong.

___ __

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Papua Barat Daya Naomi Netty Howay mengatakan, lomba senam kreasi 6 langkah cuci tangan merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya cuci tangan yang baik dan benar.

“Enam langkah cuci tangan ini sengaja kami buat dalam lomba senam kreasi, untuk melihat kreativitas dari para tenaga kesehatan dalam mempraktekkan cara mencuci tangan yang baik dan benar,” ungkapnya.

Menurutnya, 6 langkah cuci tangan harus dipraktekkan dengan baik dan benar. Karena celah untuk penyakit dapat masuk melalui kuku dan jari tangan.

Masih dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional, sambungnya, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Papua Barat Daya juga menggelar kegiatan jalan santai pada hari Sabtu dan pengobatan massal gratis pada hari Minggu dan puncak HKN dilaksanakan pada hari Senin.

Ia berharap pada perayaan HKN dapat diikuti oleh semua petugas kesehatan, tenaga kesehatan, organisasi profesi karena HKN ke 59 secara nasional sekaligus menjadi perayaan HKN pertama di provinsi Papua Barat Daya. (Oke)

___ __ ___

Komentar