Gandeng RSAL dr Oetojo, Biodervisity Resort Gelar Pengobatan Gratis Hingga Datangkan Spesialis

RAJA AMPAT, PBD – Bentuk tanggung jawab pelaku usaha bagi masyarakat, Biodiversity Nature Resort lakukan pengobatan gratis ke dua kalinya di sekitar area tempat usaha.

Setelah beberapa waktu lalu melakukan pengobatan gratis di Kampung Yenbeser Kepulauan Raja Ampat, kali ini Biodiversity Nature Resort kembali menggelar pengobatan gratis di Kampung Friwen dengan menggandeng Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr.R.Oetojo, Sabtu (4/5/24).

___

Kedatangan para tenaga medis di kampung tersebut disambut secara meriah oleh warga dengan iringan musik tradisional Suling Tambur dan tradisi injak Piring Gantung serta pengalungan kain oleh Kepala Kampung Friwen, Inse Mina Wawiyai sebagai simbol diterima di kampung itu dan jadi bagian warga disana.

Manager Biodiversity Nature Resort, Jennifer Papayanopoulos, mengharapkan fokus bisnis pada masa depan Raja Ampat ini, semoga bisa bertahan dalam jangka panjang tanpa merusak lingkungan.

“Kami merasa terhormat bisa membantu masyarakat dan komunitas sekitar yang lebih dahulu ada sebelum kami, dan kami akan mendedikasikan diri baik segi kesehatan dan lingkungan,” ujarnya.

Sementara dari pihak rumah sakit menurunkan 17 orang tenaga kesehatan terdiri dari 3 orang dokter spesialis, perawat dan apoteker.

Kepala RSAL Dr. R. Oetoyo Sorong, Letkol Laut (K) dr. Adventy Nahan, Sp. B, saat di konfirmasi wartawan Sorongnews.com mengatakan bhakti sosial kesehatan yang berkerja sama dengan Lantamal XIV Sorong tersebut, membawa peralatan kesehatan secanggih mungkin dan dokter spesialis.

“Kami membawa 3 dokter spesialis yaitu dokter spesialis bedah, spesialis jantung dan spesialis kandungan serta dokter gigi. Sedangkan untuk peralatan sendiri, kami membawa alat USG bagi ibu hamil dan Alat EKG untuk deteksi Jantung dan beberapa alat lainnya,” kata dia.

“Kami juga menyiapkan kamar operasi bedah minor jika diperlukan tindakan operasi kecil dan tidak beresiko, dengan harapan masyarakat bisa terlayani dengan baik,” tambahnya.

 

Selain pemeriksaan kesehatan, dalam agenda itu juga dilakukan penyuluhan dengan sejumlah materi dalam upaya meningkatkan informasi kesehatan bagi masyarakat.

Pantauan media ini, turut hadir Kasi Kesling Thomson Simanjuntak mewakili Pemkab Raja Ampat dan Aipda Yan Mayor (Bhabin kampung Yenbeser dan Kampung Friwen) mewakili Kapolres Raja Ampat.

Disisi lain, salah satu masyarakat Kampung Friwen, Rosalina, Guru SD Negeri 4 mengharapkan kegiatan pengobatan gratis tidak sampai disini saja dan dapat terus dilakukan karena sulitnya akses kesehatan.

“Kalau obat habis di puskesmas Pembantu (Pustu) kami harus cari sampai ke Saunek, hal ini tentu memberatkan kami dari sisi transportasi, jika ada kegiatan begini (pengobatan gratis) kami sangat terbantu,” tuturnya

Panitia kegiatan, Engelin mengungkapkan untuk kegiatan pengobatan gratis mulai rutin dilakukan dengan menggandeng tenaga-tenaga kesehatan dan dijadwalkan pada bulan Agustus nanti, pihak Biodiversity menggelar kegiatan serupa di tempat berbeda, namun masih dalam areal usaha Biodiversity Nature Resort.

Terlihat ratusan masyarakat sangat antusias memeriksakan diri dengan berbagai keluhan penyakit, mulai dari ISPA, gangguan kandungan, kulit, asam lambung, diare dan stroke.

Biodeversity nature resort sendiri merupakan salah satu resort bintang 5 yang terletak di kampung Yenbeser Raja Ampat. Pelayanan dan fasilitas kelas dunia menjadikan resort ini menjadi salah satu tujuan utama wisatawan mancanegara.

Ditambah fasilitas lainnya yang tentu membuat wisatawan tak cukup sekali kembali kesana. (Ali)

___ __ ___ ___

Komentar