Deklarasi Pemilu Damai di Papua Barat Daya

SORONG, PBD – Ketua KPU Papua Barat Daya, Andarias Daniel Kambu memimpin deklarasi pemilu damai 2024 di alun-alun Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Sabtu (28/10/23).

Deklarasi yang diinisiasi Polda Papua Barat itu bertujuan menyamakan presepsi dan komitmen bersama semua pihak terutama partai Politik, tokoh agama, masyarakat, TNI dan Polri dalam mewujudkan pesta demokrasi yang aman dan sukses.

Ada 4 poin yang disepakati bersama yaitu :

  1. Siap menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945
  2. Siap menyukseskan Pemilu tahun 2024 di wilayah Provinsi Papua Barat Daya yang berintegritas Aman damai dan demokratis
  3. Siap tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku serta menolak segala bentuk kebencian berita hoax isu Sara politisasi agama dan politik identitas
  4. Siap mendukung sinergitas dan soliditas TNI Polri dan seluruh elemen masyarakat yang berlandaskan nilai Bhinneka Tunggal Ika demi terciptanya kondusifitas, kamtibmas di Papua Barat Daya

Kapolda Papua Barat Daya, Irjen Pol DTM Silitonga menambahkan bahwa deklarasi tersebut penting dalam menciptakan suasana Kamtibmas yang aman dan lancar pada pesta demokrasi.

Ia mengatakan bahwa pesta demokrasi harus dimaknai semua elemen masyarakat sebagai momentum bersejarah lima tahun sekali. Oleh karena itu, semua pihak, penyelenggara Pemilu, Partai Politik, tokoh agama, masyarakat, pemuda dan seluruh lapisan masyarakat berhak dan berkewajiban menjaga keamanan pesta demokrasi tersebut.

Terlihat sejumlah Ketua Partai Politik turut hadir pada kegiatan tersebut, diantaranya Ketua PDI Perjuangan, Ketua PPP, Ketua PBB dan lainnya diwakili oleh masing-masing partai. Terlihat juga Ketua FKUB Papua Barat Daya, Ketua Lembaga Adat dan ketua Lintas suku. (oke)

___

Komentar