Kapolda Papua Barat Pimpin Upacara Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun di Markas TNI

SORONG, PBD- Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun di gelar dalam bentuk upacara bersama TNI/Polri dan Forkopimda yang dilangsungkan dalam markas militer Korem 181/PVT, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Sabtu pagi (28/10/23).

Terlihat Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Monang Silitonga, bertindak selaku inspektur upacara hari Sumpah Pemuda di lapangan Korem 181/PVT, Kota Sorong, Papua Barat Daya.

___

Peringatan hari sumpah pemuda ditahun 2023 ini mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dan didalamnya memiliki makna sebagai bentuk barisan manusia dengan simbol kolaborasi yang menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa serta budaya.

Kapolda dalam amanatnya mengatakan bahwa hari ini tentu ada yang berbeda sebab meski dilaksanakan dalam markas TNI namun pemimpinnya dipercayakan kepada Polri.

“Jadi meski upacaranya di lapangan korem namun saya dari Polri yang ditunjuk sebagai pimpinan upacara ini menunjukkan heterogenitas yang artinya kita bisa bersatu sesuai dengan tema hari sumpah pemuda,” ungkap Kapolda Papua Barat.

Lanjutnya, hal ini adalah upaya untuk menghadirkan sejarah masa lalu agar dapat direnungkan kembali bahkan dipelajari sehingga, bisa menjadi teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang lebih besar.

Sementara itu, Menteri pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, melalui sambutan yang dibacakan Kapolda Papua Barat yakni pemerintahan RI telah membuka luas partisipasi generasi muda indonesia guna mewujudkan harapan masa depan indonesia bersama-sama.

“Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif hingga sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat didalam pembangunan nasional” bebernya Kemenpora RI Dito Ariotedjo.

Dikatanya, posisi indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya.

“Meskipun banyak tantangan yang dihadapi oleh kaum pemuda-pemudi namun bukan menjadi alasan untuk berhenti melaju menuju indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur” tegasnya.

Sehingga Kemenpora RI dalam sambutannya berharap melalui momen hari sumpah pemuda kita harus bisa mencanangkan kebulatan tekad semua stakeholder guna menciptakan Indonesia maju.

Turut hadir dalam Upacara Sumpah Pemuda kali ini yakni dari pihak TNI-POLRI, Pemerintah Daerah dan para Pelajar dari masing-masing perwakilan sekolah yang mengenakan pakaian adat. (Mewa)

___ ___

Komentar