Wakil Ketua Dewan Adat Suku Mansel Dukung Penunjukan Anggota MRP PB Hasil Musyawarah

MANOKWARI, PAPUA BARAT – Wakil Ketua Dewan Adat Suku Manokwari Selatan (Mansel), Yance Mandacan mendukung penunjukan calon anggota Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat (MRP – PB) periode 2023 – 2028 untuk keterwakilan unsur adat laki-laki dan perempuan Kabupaten Mansel merupakan hasil dari musyawarah masyarakat setempat, Jum’at (16/6/23).

Saat dikonfirmasi media ini, Wakil Ketua Dewan Adat Manokwari Selatan Yance Mandacan mengatakan, nama-nama calon anggota MRP PB dari unsur adat Kabupaten Mansel telah diserahkan kepada Panitia Pemilihan Seleksi Anggota MRP PB berdasarkan Perdasi Nomor 8 tahun 2022 tentang tata cara pemilihan anggota MRP – PB dan Peraturan Bupati Nomor 43 tahun 2022 tentang penetapan suku dan sub suku, daerah pengangkatan dan alokasi kursi di Kabupaten Mansel.

___

“Terdapat 4 suku di Kabupaten Manokwari Selatan yakni Hatam, Sough, Sough Bohon dan Kuri Wamesa,” jelasnya.

Untuk itu, sambung Yance, para tokoh adat lebih memilih orang baru yang paham akan adat orang Papua dan harus mempunyai komitmen.

Dengan demikian, dukungan adat kepada calon Anggota MRP PB ditujukan kepada sosok yang mempunyai dedikasi tinggi dan tidak terafiliasi dengan partai politik (parpol).

Sejalan dengan keberadaan tokoh adat Papua Kabupaten Mansel sebagai mitra pemerintah sehingga tetap mendukung dan menyukseskan program pemerintah dibidang pembangunan.

Selain itu, imbuhnya, tokoh adat turut mendukung upaya TNI-Polri dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif. (Rolly/05)

___ ___

Komentar