UKIP Sorong Wisuda 95 Sarjana, Cetak Lulusan Miliki Karakter Unggul

SORONG, PBD – Sebanyak 95 mahasiswa Universitas Kristen Papua (UKIP) Sorong melaksanakan wisuda sarjana periode ke-XVI bertempat di Gedung Getsemani UKIP Sorong, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Rabu (27/3/24).

Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan (Ekubang) Papua Barat Daya, George Yarangga mengapresiasi setinggi-tingginya atas pencapaian, usaha, dan kerja keras dari seluruh pihak, sehingga pelaksanaan wisuda tahun akademik 2023/2024 UKIP Sorong dapat terlaksana dengan baik.

“Wisuda bukanlah purna tugas dari kita semua untuk berhenti belajar, namun sebaliknya, ilmu yang didapatkan selama mengikuti perkuliahan dilanjutkan dengan digunakan untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks,” ujar Staf Ahli Gubernur Bidang Ekubang Papua Barat Daya, George Yarangga.

Disampaikannya, para wisudawan dihadapkan pada dunia pekerjaan, dunia yang berdaya saing tinggi dan membutuhkan keterampilan diri. Menurutnya, semua berlomba-lomba mencari pekerjaan yang layak dimata manusia.

“Mirisnya, banyak sekali lulusan-lulusan baru ingin menjadi PNS, bahkan rela bertahun-tahun menunggu hanya untuk menjadi seorang PNS, padahal PNS bukan satu-satunya pekerjaan yang ada, ini bukanlah suatu kesalahan, namun jika ditelisik lebih jauh, banyak peluang yang membutuhkan sentuhan tangan dari pada lulusan baru,” jelasnya.

“Sentuhan yang mampu mengubah sesuatu menjadi lebih menarik, sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang dapat membuat jumlah pengangguran di negara ini dapat berkurang dan saudara-saudara kita yang hidup dibawah garis kemiskinan dapat menjadi sejahtera,” sambungnya.

Sementara itu, Rektor UKIP Sorong, Sophian Andi menuturkan, civitas akademika UKIP Sorong berharap, dengan pelaksanaan wisuda terhadap 95 lulusan, dapat berkontribusi secara aktif dan turut serta dalam pembangunan di tanah Papua, khususnya di Provinsi Papua Barat Daya.

“Kita ketahui saat ini, Provinsi yang baru ini perlu banyak sekali sumber daya manusia yang unggul, berkualitas. Kami telah menyiapkan anak didik kami, sehingga dapat turut serta dalam berbagai aktivitas dan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang mereka tekuni selama ini,” ungkap Rektor UKIP Sorong, Sophian Andi.

Lebih lanjut, dirinya meminta agar wisudawan senantiasa menanamkan karakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari yang telah ditanamkan selama bangku perkuliahan, sehingga kedepannya dapat menjadi modal bagi wisudawan untuk terus mengabdi bagi kemajuan Provinsi Papua Barat Daya.

“Kami sangat yakin sekali alumni-alumni memiliki karakter yang baik, karakter yang unggul, karena kami senantiasa memperhatikan masalah karakter dan mental anak didik kami,” tandasnya.

Pantauan Sorongnews.com, usai pelaksanaan kegiatan wisuda itu, tampak wisudawan banyak memanfaatkan moment kebahagiaan mereka dengan mengabadikan foto bersama dengan kerabat, sahabat, kolega hingga kekasih pujaan hati.

Tak hanya itu, wisudawan banyak terlihat tak bisa membendung air mata kebahagiaan dan penuh haru diselimuti pakaian toga yang dikenakan mereka.

Tampak hadir dalam pelaksanaan wisuda, diantaranya Staf Ahli Gubernur Bidang Ekubang Papua Barat Daya, Kepala LLDIKTI XIV Wilayah Papua dan Papua Barat, Forkompinda Kota Sorong, tokoh pendidikan, tokoh agama, tokoh masyarakat hingga tokoh adat. (Jharu)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar