Tahun 2023, Provinsi Papua Barat Daya Fokus Sukseskan Pemilu, Cerdas, Sehat dan Produktif

SORONG, – Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya yang baru berjalan hitungan hari, mulai mempersiapkan beberapa hal menyambut tahun 2023. Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad dalam keterangan persnya di kantor PBD, Kota Sorong, Sabtu (31/12/22) mengatakan bahwa fokus Pemerintah Provinsi PBD adalah persiapan Pemilihan Umum tahun 2024.

“Dalam waktu dekat, Kami (pemerintah Provinsi) akan melakukan kordinsi dengan Bawaslu dan KPU untuk penyelenggaraan pemilu 2024. Dimana penyelenggara Pemilu harus siap melaksanakan Pemilu yang jujur dan adil kepada masyarakat. Masyarakat yang akan berpartisipasi harus mempersiapkan diri. Dimana konstituen dapat memanfaatkan kesempatan Pemilu untuk bisa berpartisipasi menghasilkan legislator, kepala daerah yang terbaik menurut pilihan masyarakat,” terang Musa’ad.

___

Selain fokus kepada persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024, Ia menjelaskan bahwa ada 3 aspek utama lainnya yang menjadi fokus utama Pemprov PBD, yaitu PBD Cerdas, PBD Sehat dan PBD Produktif.

PBD Cerdas menurut Musa’ad yaitu memastikan kehadiran provinsi PBD memberikan nilai tambah bagi jaminan kecerdasan Sumber Daya Manusianya, mulai dari dalam kandungan, 1000 hari kehidupan, PAUD, SD sampai Perguruan Tinggi dan adanya pendidikan vokasi untuk memastikan apa yang menjadi tujuan PBD Cerdas bisa diwujudnyatakan.

PBD Sehat yaitu memberikan kemudahan akses pelayanan kesehatan, pelayanan cepat, murah dan bermutu.

“Jangan sampai masyrakyat sulit mendapatkan itu,”tegas Musa’ad.

Sedangkan PBD produktif, yaitu bagaimana mengembangkan perekonomian di daerah melalui pengembangan UMKM, mengoptimalkan sumber pendapatan yang potensial di PBD terutama di sektor produk terbarukan seperti laut, perkebunan dan pengembangan jasa.

Ia menambahkan bahwa wujud nyata tersebut perlu dukungan semua pihak, mulai dari pemerintah daerah, stakeholder lainnya dan yang utama adalah masyarakat itu sendiri. (Oke)

___ ___

Komentar